Profil Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana

Yana juga sukses dengan sejumlah bisnis yang dijalaninya

Bandung, IDN Times - H. Yana Mulyana, S.E lahir di Kota Bandung, Jawa Barat pada 17 Februari 1965. Saat ini, Yana berusia 56 tahun. Yana adalah seorang pebisnis, pengusaha dan politisi yang menjanjikan.

Yana terjun ke dunia politik dan menjabat sebagai wakil wali kota Bandung setelah memenangkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 2018, lalu. Dirinya berpasangan dengan Wali Kota Bandung Oded M Danial untuk periode 2018-2023. 

Yana Mulyana dilantik oleh Gubernur Jawa Barat dan mulai bertugas sebagai wakil wali kota Bandung pada 7 September 2018.

1. Profil singkat Yana Mulyana

Profil Wakil Wali Kota Bandung Yana MulyanaIDN Times/Humas Bandung

Nama lengkap: H. Yana Mulyana, S.E

Tempat, tanggal lahir: Bandung, 17 Februari 1965

Istri: Yunimar

Jabatan saat ini: Wakil Wali kota Bandung 2018 - 2023

2. Seorang pengusaha, pebisnis, dan politikus sukses

Profil Wakil Wali Kota Bandung Yana MulyanaIDN Times/Humas Bandung

Pria yang saat ini berusia 56 tahun ini merupakan seorang pengusaha yang sukses. Sosok Ayah yang dikaruniai dua anak ini memiliki bisnis properti dan beberapa usaha produktif lainnya.

Selain menggeluti dunia bisnis dan properti, Yana juga merupakan seorang pendiri dari radio di kota Bandung yakni Rase FM. Kiprah Yana di radio rintisannya ini dimulai sejak tahun 1947. Sebelumnya proses perizinan pendirian radio Rase sempat mengalami penundaan.

Setelah sukses dengan Rase FM, Yana Mulyana kemudian berkiprah sebagai pengusaha bisnis serta memimpin sejumlah organisasi yang ada di Kota Bandung. Salah satu organisasi yang diketuainya adalah PSSI Kota Bandung dan Real Estate Indonesia (REI) Jawa Barat.

Sosok yang merupakan almamater dari Universitas Islam Nusantara ini memiliki pendamping bernama Yunimar. Keduanya kemudian dikaruniai dua orang anak.

3. Riwayat pendidikan Yana Mulyana

Profil Wakil Wali Kota Bandung Yana MulyanaIDN Times/Yogi Pasha

Yana menjalani pendidikan hingga perguruan tinggi. Yana Mulyana memulai pendidikan dasarnya di SD Negeri Panorama, kemudian melanjutkan ke sekolah menengah pertama di SMP Negeri 15 Bandung. Usai lulus dari sekolah menengah pertamanya, Yana melanjutkan pendidikan menengah atas ke SMA Negeri 5 Bandung. Putra asli Kota Bandung ini kemudian melanjutkan pendidikan Strata 1 di Universitas Islam Nusantara.

Melalui masa pendidikan yang panjang, Yana Mulyana dipercayakan mengemban beberapa tugas dan tanggung jawab dari rakyat. Pilihannya terjun ke dunia politik, membawa Yana Mulyana menjadi wakil wali kota Bandung periode 2018-2023. 

4. Pengalaman organisasi

Profil Wakil Wali Kota Bandung Yana MulyanaIDN Times/Humas Bandung

Sampai saat ini, kinerja Yana Mulyana sebagai wakil wali kota Bandung sangat baik. Ia melaksanakan tugas yang mana harus dilaksanakannya. Kemampuannya dalam melobi suatu tanggung jawab ini didapatkan dari pengalaman dalam memimpin suatu organisasi dan merintis suatu bisnis.

Sebelum menjadi wakil wali Kota Bandung periode 2018-2023, Yana mendirikan beberapa bisnis dan menjadi ketua suatu organisasi. Sebelumnya, Yana Mulyana merupakan seorang pendiri Radio Rase FM.

Dalam organisasi, Yana pernah menjabat sebagai ketua HIPMI Jabar, sekretaris Dewan Pertimbangan Kadin Jabar, Ketua PSSI Kota Bandung dan ketua Generasi Muda Forum Komunikasi Putra-putri Purnawirawan TNI - Polri Indonesia (FKPPI).

Yana Mulyana adalah seorang aktivis politik dan pebisnis yang kompeten. Dengan pengalamannya, ia mampu mengorganisir kepentingan pribadi dan masyarakat dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan keberadaannya sebagai wakil wali kota Bandung berpasangan dengan Oded Muhammad Danial.

Dengan kemampuannya dalam bidang ekonomi, tentunya hal ini sangat membantu dalam meningkatkan mutu kota Bandung dalam hal finansial.

Baca Juga: Oded Muhammad Danial Wali Kota Bandung, Pernah Ikut Merakit Pesawat

Topik:

  • Yogi Pasha
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya