Comscore Tracker

Survei IPRC: Ridwan Kamil Jadi Calon Terkuat di Pilgub Jabar 2023 

Dedi Mizwar, Dedi Mulyadi, Ahmad Syaikhu jadi pesaing Emil

Bandung, IDN Times - Lembaga survei Indonesian Politics Researcg & Consulting (IPRC) melakukan penelitian terhadap kandidat terkuat calon gubernur Jawa Barat dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2023, mendatang.

Hasilnya, nama Ridwan Kamil muncul sebagai salah satu calon terkuat untuk memenangkan Pilgub Jabar 2023, nanti. Berdasarkan hasil survei, masyarakat Jawa Barat masih memilih Ridwan Kamil untuk menjabat sebagai gubernur selama dua periode.

Pria yang akrab disapa Emil itu memiliki 28 persen dari sekitar 400 respondens saat dilakukan survei.
 
"Ridwan Kamil disini yang memilih ada 28 persen dari sekitar 200 lebih koresponden. Tapi ada juga yang belum menentukan pilihannya itu sebesar 52 persen," ujar Direktur Riset IPRC, Leo Agustino, saat rilis hasil survei di Anatomi Caffe & Space, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Sabtu, 8 Mei 2021.

1. Muncul nama lama sebagai calon di Pilgub Jabar 2023

Survei IPRC: Ridwan Kamil Jadi Calon Terkuat di Pilgub Jabar 2023 ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Selain itu, Ridwan Kamil, sejumlah nama lama dalam helatan Pilgub Jabar juga muncul. Seperti Dedi Mulyadi, Ahmad Syaikhu, Dedi Mizwar, hingga Prabowo. Dalam survei IPRC, Dedi Mulyadi meraih 4,8 persen koresponden atau berada diurutan kedua setelah Ridwan Kamil.

Disusul Dedi Mizwar dan Presiden PKS Akhmad Syaikhu berada diurutan tiga dan empat dengan pemilih 2,8 persen.
 
"Masih nama-nama lama temuan di lapangan begini. Nampaknya kita masih belum move on dari pemain lama yang menjadi tokoh di Jabar. Semua nama itu yang turut meramaikan Pilgub 2018 lalu," beber Leo.

2. Ridwan Kamil berpeluang besar untuk menjabat gubernur Jabar dua periode

Survei IPRC: Ridwan Kamil Jadi Calon Terkuat di Pilgub Jabar 2023 IDN Times/Yogi Pasha

Sementara itu, Guru Besar Politik dan Keamanan Unpad, Prof. Muradi, mengatakan peluang Emil untuk kembali menjabat dua periode di Jabar terbuka sangat lebar. Terlebih jika Emil mampu mempertahankan tren survei hingga 2023.

"Pilgub saya kira tergantung Pak RK ya, kalau Pak RK kemudian tidak memilih lagi untuk pilgub maka potensi calon lain besar," kata Muradi ditempat yang sama.
 
Akan tetapi diakui Muradi, Emil harus segera memilih partai politik sebagai kendaraan maju kembali di Pilgub Jabar. Pasalnya hingga kini, Emil belum menentukan arah politik meski telah memasuki tahun ketiga memimpij Jabar.
 
"Hanya problemnya adalah apakah Pak RK mau maju lagi atau tidak di pilgub," tandas Muradi.

3. Survei dilakukan di 9 kabupaten kota di Jabar dengan 400 respondens

Survei IPRC: Ridwan Kamil Jadi Calon Terkuat di Pilgub Jabar 2023 IDN Times/Galih Persiana

Untuk diketahui, survei Indonesian Politic Research and Consulting mengambil populasi survei adalah seluruh warga negara Indonesia di Sembilan Kabupaten/Kota di Provinsi Jabar (Kota Depok, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kabupaten Tasik, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Garut, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karawang, Kabupaten Cirebon), yang sudah mempunyai hak pilih, yaitu WNI yang sudah berumur 17 tahun atau lebih atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Walaupun terdapat keterbatasan sampel yang tidak mewakili populasi masyarakat Jabar secara keseluruhan (27 Kab/Kota) namun pilihan wilayah mewakili karakteristik demografis Jabar, yaitu, masyarakat perkotaan (urban), transisi (sub-urban), dan pedesaan (rural).

Sampel dalam survei ini sebanyak 400 orang dengan metode penarikan sampel melalui multistage random sampling. Response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 396 responden atau 99 persen. Sebanyak 396 responden ini yang dianalisis. Margin of error rata-rata sebesar ± 5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga: Sembuh dari COVID-19, Atalia Langsung Peluk Gubernur Ridwan Kamil

Baca Juga: Pilkada 2024: Dessy Ratnasari Siap Masuk Bursa Pilgub Jabar

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya