Pandemik COVID-19, Waspadai Masalah Psikososial Mahasiswa dan Pelajar

Dunia pendidikan cukup terdampak di tengah pandemik COVID

Bandung, IDN Times - Pandemik COVID-19 yang terjadi sejak awal 2020 telah berdampak terhadap sejumlah sektor. Dunia pendidikan menjadi salah satu yang terdampak akibat wabah virus corona.

Lebih dari setahun para pelajar dan mahasiswa tidak melaksanakan belajar tatap muka. Kondisi ini memaksa mereka harus beradaptasi di tengah masa pandemi COVID-19. Persoalan yang dihadapi mahasiswa serta pelajar selama ini adalah psikososial.

Dokter spesialis kesehatan jiwa, Elvine Gunawan menyebutkan, ada tiga permasalahan psikososial yang dialami mahasiswa selama pandemi COVID-19. Data ini diperloleh melalui penelitian terkait kondisi kesehatan jiwa pada mahasiswa. Penelitian ini pun dilakukan pada 839 respondens dengan rentan umur 19-27 tahun, pada 93 keilmuan, 79 universitas/STIKES sejak 24 Juni hingga 10 Juli 2021.

1. Sedikitnya ada 9 permasalahan psikososial yang dialami mahasiswa selama pandemik COVID-19

Pandemik COVID-19, Waspadai Masalah Psikososial Mahasiswa dan Pelajarunsplash.com/anniespratt

Dari hasil penelitian ini, Elvine memaparkan ada sembilan permasalahan psikososial selama COVID-19 yang dialami mahasiswa. Di antaranya kesulitan perkuliahan secara daring hingga kebosanan dan kesulitan bersosialisasi saat perkualiahan daring. 

 "Permasalahan terbesar yang mengganggu mahasiswa ialah kesulitan perkuliahan secara daring, kebosanan dan kesulitan bersosialisasi saat perkualiahan daring, ketidakpastian kapan pandemi COVID-19 berakhir, hingga kekhawatiran dampak dari penggunaan internet serta gadget berlebihan," ungkapnya dalam webinar bertajuk 'Menguatkan Kesehatan Jiwa pada Mahasiswa' yang digelar pada Sabtu (24/7/2021). 

2. Kolaborasi FK Unjani dengan DP3AKB Provinsi Jabar dan Ruang Tengah

Pandemik COVID-19, Waspadai Masalah Psikososial Mahasiswa dan PelajarIDN Times/Istimewa

Webinar ini sejatinya merupakan wujud pengabdian masyarakat Fakultas Kesehatan Unjani yang bekerja sama dengan DP3AKB Provinsi Jawa Barat dan Ruang Tengah.

Karenanya, Elvine menyampaikan, ada tiga akses pertolongan terhadap permasalahan psikososial pada mahasiswa.

3. Waspadai persoalan psikososial di tengah pandemik COVID-19

Pandemik COVID-19, Waspadai Masalah Psikososial Mahasiswa dan PelajarIDN Times/Istimewa

Menurut Elvine, pertolongan terpenting untuk mengatasi permasalahan psikososial pada mahasiswa yakni ketersediaan layanan konseling psikologis bagi mahasiswa. 

"Tak hanya itu, ketersediaan sukarelawan yang membantu saat krisis mental hingga pengalaman dalam mengikuti pelatihan pertolongan pertama pada krisis mental bisa membantu," tambahnya.

Oleh karenanya, Elvine menyebut, baik mahasiwa maupun seluruh elemen masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan di tengah pandemi covid-19.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya