MUJ ONWJ Akselerasi Program 1.000 PLTS di Karawang

Program ini untuk rumah tangga Tanpa Aliran Listrik

Bandung, IDN Times - PT Migas Hulu Jabar ONWJ (MUJ ONWJ) terus mengakselerasi pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk rumah tangga yang belum teraliri listrik konvensional.

Hal tersebut dilakukan guna memberikan hak yang sama kepada masyarakat agar bisa menikmati listrik seperti masyarakat lainnya.

Direktur Operasional PT MUJ ONWJ Ardra Teja Bhaswara mengatakan, program tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan pemasangan 1.000 PLTS gratis untuk rumah tangga, sebagai upaya agar masyarakat di daerah terpencil juga bisa merasakan adanya aliran listrik, apalagi yang bersumber dari energi bersih yang berkelanjutan.

"Program 1.000 PLTS gratis untuk rumah tangga yang belum teraliri listrik ini terlaksana dengan adanya kerja sama antara pemerintah serta pelaku usaha," kata Ardra, di Bandung, Kamis (19/5/2022).

1. Dusun Cilele sudah 24 tahun tanpa teraliri listrik

MUJ ONWJ Akselerasi Program 1.000 PLTS di KarawangIDN Times / Istimewa

Penyaluran CSR berupa pemasangan PLTS skala rumah tangga di Kabupaten Karawang saat ini terus berlangaung, tepatnya di Dusun Cilele, Desa Wana Jaya, Kecamatan Teluk Jambe.

Dalam kegiatan CSR ini, pemasangan PLTS dilakukan pada 25 rumah dan serah terima pemasangan PLTS tersebut dilakukan pada tanggal 24 April 2022.

"Alasan pemasangan PLTS ini dilakukan di Dusun Cilele lantaran dusun tersebut sudah 24 tahun tidak teraliri listrik dari PLN meskipun berada tidak jauh dari Kawasan Industri Karawang," jelasnya.

2. Warga akhirnya dapat penerangan listrik

MUJ ONWJ Akselerasi Program 1.000 PLTS di KarawangIDN Times/Istimewa

Setelah hampir seperempat abad warga di sana memanfaatkan lampu cempor seadanya untuk penerangan di malam hari, akhirnya bisa menimati aliran liatrik ke rumah-rumah tersebut.

Siti, salah seorang warga yang mendapat bantuan PLTS mengaku tahu dampak dari asap cempor berbahan bakar solar tersebut yang berbahaya bagi tubuh jika terhirup, namun tidak banyak yang bisa ia dan warga lakukan untuk mendapatkan penerangan.

"Warga dusun bisa merasakan penerangan di rumah sehingga anak-anak bisa belajar di malam hari," ujar dia.

3. Dukungan perusahaan terhadap program energi terbarukan Pemprov Jabar

MUJ ONWJ Akselerasi Program 1.000 PLTS di KarawangIDN Times / Istimewa

Pemasangan 25 unit PLTS melalui kegiatan CSR MUJ ONWJ ini merupakan bagian dari dukungan perseroan terhadap program pemerintah Jawa Barat berkaitan dengan peningkatan pemanfaatan Energi terbarukan dalam rangka peningkatan bauran energi sebagaimana tercantum dalam RUED Provinsi Jawa Barat tahun 2018-2050. 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya