Comscore Tracker

Cegah Corona, Dedi Mulyadi: Warga Harus Disiplin Taati Aturan 14 Hari

Pengelola sekolah dan kantor bersihkan lingkungan

Bandung, IDN Times - Kasus penyebaran virus corona terus bertambah di Indonesia. Pemerintah telah menetapkan wabah penyakit ini menjadi bencana non-alam yang terjadi di Tanah Air. Bahkan, pemerintah juga telah mengeluarkan kebijakan kepada pekerja dan pelajar untuk berdiam diri di rumah selama 14 hari.

Kebijakan 14 hari bekerja, belajar, dan beribadah di rumah ini sebaiknya mendapat dukungan dari seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Dedi Mulyadi menyambut baik usulan tersebut.

1. Selama 14 hari tetap ada yang membersihkan lingkungan sekolah dan kantor

Cegah Corona, Dedi Mulyadi: Warga Harus Disiplin Taati Aturan 14 HariIDN Times/Istimewa

Namun, kata dia, selama 14 hari itu, para pengelola sekolah maupun kantor di seluruh Indonesia tetap untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah dan kantornya masing-masing.

Sebab, menurut Dedi, percuma jika murid, siswa, atau mahasiswa tidak ke sekolah atau ke kampus tapi bangunan dan lingkungan sekolah dan kampusnya tidak dibersihkan.

Begitupun dengan bangunan dan lingkungan kantor, jika pegawainya tidak masuk kantor tapi bangunan dan lingkungan kantornya tidak dibersihkan bakal sia-sia.

"Saya mengajak kepada semua pihak, ayo kita bersihkan lingkungan sekolah dan kantor masing-masing agar program tidak ke sekolah dan ke kantor selama 14 hari untuk mencegah penyebaran virus corona ini berjalan baik," kata Dedi dalam rilis yang diterima IDN Times, Selasa (17/3).

2. Menyemprotkan disinfektan di wilayah positif terpapar COVID-19

Cegah Corona, Dedi Mulyadi: Warga Harus Disiplin Taati Aturan 14 HariIDN Times/Istimewa

Terkait pembersihan lingkungan, pada Selasa (17/3) pagi, Dedi sendiri turun langsung membersihkan lingkungan dan menyemprotkan cairan disinfektan di daerah Pasawahan, Purwakarta, lokasi dimana ada warganya yang positif terpapar virus corona.

Menurut Dedi, penyemprotan memakai disinfektan ini biayanya murah. Cukup menggunakan deterjen atau bayclin lalu dicampur air secukupnya.

3. Program 14 hari belajar dan bekerja harus disertai rumusan yang jelas

Cegah Corona, Dedi Mulyadi: Warga Harus Disiplin Taati Aturan 14 HariIDN Times/Istimewa

Dedi mengatakan, program 14 hari belajar dan bekerja dari rumah ini harus disertai dengan rumusan yang jelas agar orang mematuhinya.

Misalnya, kata Dedi, jika pada waktu 14 hari ini ada anak yang hanya main game, keliling bersepeda motor, atau nonton ke bioskop, harus ada hukuman dari gurunya.

Begitupun jika ada pegawai di masa 14 hari ini ada yang keluyuran di bukan tempat kerjanya juga harus ada sanksi yang tegas dari pimpinannya.

"Program belajar dan bekerja dari rumah selama 14 hari ini akan efektif jika semua orangnya disiplin. Makanya harus ada rumusan sanksi yang tegas agar orang mematuhinya," kata Dedi.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya