Bantu Serap Lulusan di Dunia Industri, Unpas Kembali Gandeng PT Mayora

Program kampus ini sempat terhenti selama pandemik COVID

Bandung, IDN Times - Sempat tidak terlaksana karena pandemik COVID-19, Fakultas Teknik Universitas Pasundan (FT Unpas) kembali bekerja sama dengan dunia industri lakukan rekrutmen di kampus.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Pasundan, Dr. Yusman Taufik, MP mengatakan rekrutmen mahasiswa dan lulusan FT Unpas di dunia industry menjadi salah satu bagian program dari FT Unpas.

“Dan Kerja sama rekrutmen industri seperti saat ini dengan PT Mayora merupakan program FT Unpas untuk membantu lulusan terserap di dunia kerja langsung dari kampus,” tutur Yusman yang ditemui disela pelaksanaan rekrutmen PT Mayora Indah di Kampus IV Unpas, Jl. Dr. Setiabudi No. 193.

Ia juga menyebutkan sebelum pandemik COVID-19, FT Unpas sering melakukan rekrutmen industri di kampus, namun kemudian terhenti karena tidak boleh ada kegiatan di kampus.

“Sekarang setelah dibuka kembali pelaksanaan tatap muka di kampus, kami juga mulai kembali bekerjasama dengan berbagai industri untuk bekerjasama dalam hal akademik termasuk rekrutmen kerja,” ujar dia.

1. Sebanyak 150 mahasiswa dan alumni ikut dalam proses seleksi

Bantu Serap Lulusan di Dunia Industri, Unpas Kembali Gandeng PT MayoraIDN Times/Istimewa

Wakil Dekan III FT Unpas Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Ir. Bukti Tarigan M. Tambun menyebut keterseparan lulusan FT Unpas di dunia industri cukup besar.

“Banyak industri yang bekerja sama dengan FT Unpas dikarenakan alumni kami bekerja di tempat tersebut, seperti salah satunya saat ini dengan PT Mayora Indah. Meski kami belum mengetahui tepat berapa presentasi keterserapan lulusan kami di dunia industri, namun melihat penyebaran lulusan diberbagai bidang indsutri bukti jika lulusan kami mudah diserap di dunia kerja,” ujar Bekti di temui di tempat yang sama.

Sementara pada rekrutmen industry PT Mayora Indah itu, sebanyak 150 orang mengikuti proses seleksi. Di antaranya mahasiswa semester akhir dan alumni dari Unpas.

“Malah ada yang dari Lampung, Tasikmalaya, Malang bahkan Yogyakarta. Ini sebenarnya adalah rekrutmen atau seleksi karyawan langsung PT Mayora Indah,” katanya.

2. Peluang alumni untuk mendapatkan pekerjaan

Bantu Serap Lulusan di Dunia Industri, Unpas Kembali Gandeng PT Mayorailustrasi membuka laptop (pexels.com/SHVETS production)

Ia mengatakan, kerja sama tersebut sudah beberapa kali dilakukan dari tahun ke tahun. “Ini untuk berbagai Prodi. Termasuk teknik dan non teknik juga ada, berkumpulnya di Universitas Pasundan dan yang menyelenggarakan FT Unpas,” ujarnya.

Menurutnya, kerja sama ini sebagai peluang alumni di Fakultas Teknik Unpas agar bisa mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Saat ini, PT Mayora Indah sedang membutuhkan karyawan dari jurusan Teknik Mesin, Teknik Elektro, Mekatronika, Teknik Otomasi, Teknik Industri, Teknik Kimia, MIPA, Teknik Pangan, Teknik Lingkungan dan Hukum.

3. Diharapkan banyak lulusan Unpas dan alumni yang diterima

Bantu Serap Lulusan di Dunia Industri, Unpas Kembali Gandeng PT Mayorailustrasi bos dan pegawai (pexels.com/Sora Shimazaki)

Recruiter SCR Koordinator untuk Mayora Beverage, Ridwan Adityo mengatakan PT Mayora Indah telah bekerja sama dengan Unpas dari tahun-tahun sebelumnya. Namun karena terkendala pandemik COVID-19, pihaknya baru bisa melaksanakan rekrumen Kembali di Unpas.

“Pihak kampusnya welcome, sehingga bisa melaksanakan rekrutmen di sini. Jadi itu bahan pertimbangan kami untuk bisa ke sini. Selain itu juga banyak jurusan di sini yang sesuai dengan kualifikasi perusahaan kami. Salah satunya Fakultas Teknik Industri,” kata Ridwan.

Ia berharap banyak lulusan dari Unpas yang bisa diterima di PT Mayora Indah, karena sebelumnya ada lulusan dari Unpas sebanyak 4 orang yang telah bekerja di perusahaan tersebut dan memiliki kualitas yang cukup baik.

Selain di Universitas Pasundan, untuk di Jawa Barat pihaknya juga bekerja sama dengan Universitas Jenderal Ahmad Yani.

Mahasiswa FT Unpas jurusan Teknik Mesin, Noval Febriansyah mengatakan sudah berusaha maksimal saat mengikuti proses rekrutmen agar bisa diterima di PT Mayora Indah. “Harapan saya agar dapat diterima ya,” harapnya usai mengikuti psikotes. 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya