April 2019, Bandara Kertajati Siap Beroperasional Penuh

Perpanjangan Runway 3.000 meter selesai

Majalengka, IDN Times - Bandara Udara Internasional Kertajati di Kabupaten Majalengka menyatakan siap beroperasional penuh pada April 2019, nanti.

Kesiapan itu menyusul rampungnya pengerjaan perpanjangan landasan pacu (runway) mencapai 3.000 meter.

PT Angkasa Pura II menargetkan pengerjaan tersebut selesai akhir Januari 2019 ini. Sehingga, penggunaan landasan pacu bandara sepanjang 3.000 meter bisa digunakan penuh pada April 2019, mendatang. 

1. Pengerjaan infrastruktur pendukung lain juga dikebut

April 2019, Bandara Kertajati Siap Beroperasional PenuhIDN Times/Humas Jabar

Selain mengerjakan percepatan perpanjangan landasan pacu, PT angkasa Pura II juga melakukan pengerjaan infrastruktur pendukung lain seperti marka dan Instrumen Landing System (ILS) sebagai alat bantu pendaratan serta Airfield Lighting System (ALS) untuk menunjang sarana sisi udara Bandara Kertajati ini.

"Untuk fisik kontruksi runway sebenarnya sudah mencapai 100 persen pada akhir Januari ini, namun masih diperlukan infrastruktur lainnya sesuai standar keamanan penerbangan," kata Airport Operation and Performance Group Head PT BIJB Agus Sugeng Widodo di Majalengka, Selasa (22/1).

Setelah fisik dengan dengan Klasifikasi PCN (pavement classification number) atau kekuatan runway 89, pengerjaan berlanjut pada Airfield Lighting System (ALS) sebagai alat bantu pendaratan visual kepada penerbang. ALS hadir berupa konfigurasi susunan lampu-lampu yang terpasang simetris di landasan pacu.

2. Bandara Kertajati bisa menampung 22 pesawat besar

April 2019, Bandara Kertajati Siap Beroperasional PenuhIDN Times/Indiana Malia

Sejalan dengan runway, perluasan sisi udara juga dilakukan untuk area parkir pesawat atau apron.

Perluasan apron lebih cepat selesai pada Desember 2018 lalu. Luasan yang semula hanya mampu menampung 10, kini bisa mencapai kapasitas 22 pesawat.

"Parkiran pesawat ini menambah dua kali lipat dimana kini menjadi 22. Empat untuk parking wide body dan 16 parking narrow body," tambahnya.

Penambahan fasilitas sisi udara ini menurut Agus, sudah bisa maksimal digunakan pada April 2019 mendatang. Terlebih dahulu Kementerian Perhubungan sebagai regulator melakukan verifikasi untuk memastikan keselamatan pesawat yang ingin terbang atau mendarat di Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati.

3. Menatap Penerbangan Haji 2019

April 2019, Bandara Kertajati Siap Beroperasional Penuhr_hardiansyah

Dengan selesainya panjang runway mencapai 3.000 meter, Agus menyatakan kesiapan penerbangan long distance dari Bandara Kertajati.

Apalagi bandara ini juga tengah menatap penerbangan Haji 2019 dan transisi penerbangan Umrah asal Jawa Barat dari Bandara Soekarno-Hatta (CGK).

Dengan panjang runway 3.000 meter diyakini pesawat berbadan lebar seperti Boeing 777 atau Airbus A380 dapat mendarat mulus di Bandara Kertajati.

"Kita dari sisi Bandara menyatakan kesiapannya jika pemerintah menginginkan penerbangan Haji dari sini dengan panjang landasan mencapai 3.000 meter, karena pesawat pesawat berbadan lebar seperti Boeing 777 sudah bisa mendarat langsung di sini," tegasnya. 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya