BIJB Kertajati Resmi Terima Pesawat Peserta KTT ASEAN 

Pesawat rencananya mulai tiba pada Selasa (5/9/2023)

Majalengka, IDN Times- Sejumlah pesawat kenegaraan dijadwalkan akan mendarat di Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka. Pesawat-pesawat itu membawa tamu undangan kenegaraan yang akan hadir pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta pada 5-7 September 2023.

Dalam KTT itu, dua bandara telah ditunjuk pemerintah sebagai tempat Remain Over Night/RON (menginap) pesawat tamu kenegaraan. Selain BIJB, Bandara Soekarno Hatta (Soetta) juga akan menerima pesawat kenegaraan dalam event tersebut.

"Kami sudah siap. Kami pasti melayaninya dengan baik sesuai prosedur yang berlaku," kata Executive General Manager BIJB Nuril Huda Mahmudan, Senin (4/9/2023

1. Ada 7 pesawat peserta KTT ASEAN dijadwalkan ke BIJB

BIJB Kertajati Resmi Terima Pesawat Peserta KTT ASEAN ANTARA JABAR/M Agung Rajasa

Selama KTT ke-43 ASEAN berlangsung, rencananya akan ada tujuh pesawat tamu undangan yang akan landing di BIJB. Ketujuh pesawat itu membawa tamu dari Kanada, India, Jepang, dan Australia.

Kendati demikian, baru satu pesawat yang dipastikan akan mendarat di BIJB. Adapun enam pesawat lainnya belum memberikan konfirmasi.

"Sepertinya Jepang ke Jakarta. Tahun kemarin mereka di sana. Untuk Australia dan India masih belum ada konfirmasi," tutur Nuril.

2. Pesawat kenegaraan dijadwalkan tiba besok

BIJB Kertajati Resmi Terima Pesawat Peserta KTT ASEAN Ilustrasi pesawat terbang. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Dari sejumlah pesawat tamu KTT ASEAN yang dijadwalkan landing di BIJB, hingga saat ini belum ada satu pun yang mendarat. Kemungkinan besar pesawat tamu kehormatan itu baru akan landing Selasa (5/8/2023).

"Belum (belum ada yang datang). Besok landing-nya," jelas dia.

Terkait kesiapan, Nuril menegaskan bahwa ia sudah berkoordinasi dengan Pangkalan TNI Angkatan Udara Sugiri Sukani, Majalengka.

"Persiapannya, ada penambahan personel dari Kopasgat Lanud Sugiri Sukani dan membuat posko terpadu," kata dia.

3. Ada 9 negara peserta tiba di Soetta hari ini

BIJB Kertajati Resmi Terima Pesawat Peserta KTT ASEAN Pelataran pesawat atau apron di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. (dok. Angkasa Pura II)

Sementara itu sebanyak sembilan negara peserta dijadwalkan tiba di Bandara Soetta hari ini. Sebelumnya, sejumlah peserta telah tiba lebih dulu di bandara itu

"Hari ini adalah puncak kedatangan para delegasi KTT ASEAN. Dari data yang kami terima, ada sembilan negara yang akan tiba, dan beberapa sudah tiba pada 3 September kemarin. Seperti Cook Island, lalu ada juga beberapa negara peninjau PBB," kata Executive General Manager Bandara Soetta Dwi Ananda Wicaksana

Baca Juga: 9 Negara Peserta KTT ASEAN Tiba Hari Ini di Bandara Soetta

Baca Juga: Musim Haji Selesai, BIJB Kertajati Majalengka Kembali Layani Umroh 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya