Comscore Tracker

Aksi Mahasiswa Bandung Membesar, Isu Papua dan Karhutla Jadi Perhatian

Massa diperkirakan berjumlah dua ribu orang.

Bandung, IDN Times - Aksi mahasiswa Bandung hari ini, Selasa (24/9), bertambah banyak daripada aksi perdana mereka kemarin. Dalam aksi yang digelar di depan Gedung DPRD Jawa Barat, Jalam Diponegoro, Kota Bandung, itu sekitar dua ribu mahasiswa menutup jalan dan berunjuk rasa.

Aksi sebenarnya dimulai sejak sekitar pukul 10.00 WIB. Namun, semakin bertambahnya waktu, semakin bertambah pula jumlah mahasiswa yang mendatangi Gedung DPRD Jabar.

Menurut pantauan IDN Times, sebagian besar dari mereka merupakan mahasiswa di berbagai kampus di Kota Bandung, di antaranya Universitas Pasundan, Institut Teknologi Nasional, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, dan Universitas Islam Bandung. Di sisi lain, ada pula sekelompok pemuda dengan pakaian hitam-hitam (tanpa mengenakan jas almamater), ikut dalam barisan mahasiswa.

Mereka tak hanya membawa spanduk-spanduk dengan nada kritik terhadap pemerintah dan DPRD, melainkan juga menyanyikan sejumlah lagu, di antaranya Halo-halo Bandung.

Selain massa bertambah, substansi unjuk rasa terkait aspirasi yang ribuan mahasiswa itu sampaikan pun semakin beraneka ragam. Tidak hanya menyangkut pengesahan RUU KPK dan penggodokan tiga RUU lainnya, melainkan juga tentang isu Papua merdeka, pertambangan, hingga kebakaran hutan.

Hingga berita ini diturunkan, aparat kepolisian baik anggota Sabhara mau pun Brimob, masih memagari Gedung DPRD Jabar untuk menghalau massa masuk ke dalam gedung. Belum tampak anggota DPRD Jabar yang menemui mahasiswa dan kelompok lainnya di lokasi unjuk rasa.

Sebelumnya, Komisaris Besar Trunoyudo Wisnu Andiko, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polisi Daerah Jawa Barat, memastikan instansinya bertindak sesuai prosedur yang berlaku. Tugas polisi diklaim selalu dalam koridor fungsi perlindungan masyarakat, termasuk perlindungan mahasiswa yang berunjuk rasa.

"Polisi tugasnya hanya mengamankan dan melindugi pelaksanaan kegiatan tersebut. Maka tugasnya (polisi dan pengunjuk rasa) sama-sama mulia," tutur Trunoyudo.

Aksi Mahasiswa Bandung Membesar, Isu Papua dan Karhutla Jadi PerhatianIDN Times/Galih Persiana
Aksi Mahasiswa Bandung Membesar, Isu Papua dan Karhutla Jadi PerhatianIDN Times/Galih Persiana

Baca Juga: Ridwan Kamil: Aksi Mahasiswa Timbul karena Ruang Dialog Tidak Maksimal

Baca Juga: [BREAKING] Demo di Bandung Berlanjut, Ratusan Massa Datangi DPRD Jabar

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You