Comscore Tracker

Warga Bandung Bisa Mulai Daftar Vaksinasi Booster Kedua 

Ada 940 dosis Pfizer bisa digunakan

Bandung, IDN Times - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung mempersilakan masyarakat untuk segera mendaftarkan diri ke Puskesmas agar mendapat vaksinasi booster COVID-19 tahap kedua. Pemberian vaksin tersebut akan dimulai, Selasa (24/1/2023).

Kepala Dinkes Kota Bandung Anhar Hadian mengatakan, hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran Menteri Kesehatan yang sudah memperbolehkan warga umum usia 18 tahun ke atas mendapat vaksinasi dosis keempat.

"Puskesmas siap menerima permintaan masyarakat untuk vaksinasi penguat yang kedua. Hanya memang kami ingin melihat dulu seberapa besar animo masyarakat," kata Anhar saat dihubungi, Senin (23/1/2023).

1. Penyuntikan bisa dilakukan saat 10 orang terdaftar

Warga Bandung Bisa Mulai Daftar Vaksinasi Booster Kedua IDN Times/Debbie Sutrisno

Menurutnya setiap puskesmas akan mulai menyuntikkan vaksin dosis tersebut apabila ada 10 orang warga. Karena dalam satu vial vaksin COVID-19 itu bisa mencakup 10 orang.

"Kita lihat dulu, kalau misalnya baru ada tiga orang pasti kita tidak berani, karena kalau kita suntikkan untuk tiga orang, pasti yang tujuh (dosis) terbuang. Paling kita kasih tahu untuk nunggu dua atau tiga hari," kata Anhar.

2. Sosialisasi sudah dilakukan pada warga

Warga Bandung Bisa Mulai Daftar Vaksinasi Booster Kedua Ilustrasi vaksinasi COVID-19. (IDN Times/Daruwaskita)

Saat ini pekerja di puskesmas telah berkoordinasi dengan pihak kelurahan untuk kecamatan dalam rangka menyosialisasikan vaksin dosis keempat itu.

"Setiap puskesmas pasti sudah tahu, karena sudah melakukan vaksinasi selama dua tahun ini," katanya.

3. Miliki stok 94 vial vaksin Pfizer

Warga Bandung Bisa Mulai Daftar Vaksinasi Booster Kedua ilustrasi vaksin Pfizer (ANTARA FOTO/Fauzan)

Adapun dia memastikan Kota Bandung masih memilik stok vaksin COVID-19 yang aman yakni sebanyak 94 vial vaksin jenis Pfizer, atau setara 940 dosis. Dia pun mengaku bakal mengajukan tambahan vaksin ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Anhar mengatakan Dinkes Kota Bandung pun bakal memantau sejauh mana animo masyarakat terkait vaksinasi dosis keempat itu. Apabila animonya tinggi, maka menurutnya vaksinasi massal bisa kembali dilakukan.

"Kami tentunya berharap animonya yang sebesar-besarnya, karena ini bagian dari pencegahan COVID-19," kata dia

Topic:

  • Yogi Pasha
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya