Comscore Tracker

Uji Coba Ganjil Genap di Jalan Tol Cikampek, 50 Kendaraan Dialihkan

Percobaan ganjil genap di tol dilakukan selama tiga hari

Bandung, IDN Times - Badan Pengatur Jalan Tol bekerja sama dengan Kepolisian dan Kementerian Perhubungan mulai melakukan uji coba ganjil genap di Tol Cikampek, Senin (25/4/2022).

KBO Ditlantas Polda Jabar AKBP Bayu Catur Prabowo mengatakan, dalam persiapan ini polisi mulai melakukan pemasangan rambu lalu lintas di sekitar ruas jalan tol.

Kemudian dilakukan juga uji coba alur kendaraan yang akan melintas. Kendaraan yang melintas dan pelat nomornya sesuai dengan tanggal akan diarahkan untuk melalui lajur kanan. Sementara itu, lajur tengah dan lajur kiri akan digunakan untuk melakukan pemeriksaan. Bila didapati adanya kendaraan yang tak sesuai aturan, maka bakal dialihkan ke Gate Tol Karawang Barat.

"Namun apabila nanti ditemukan di lajur satu dan dua, itu kita akan arahkan untuk keluar di Gate Tol Karawang Barat. Itu kalau ditemukan adanya yang tidak sesuai antara nomor dengan tanggal," kata dia kepada wartawan.

1. Kegiatan hanya dilakukan selama 2 jam

Uji Coba Ganjil Genap di Jalan Tol Cikampek, 50 Kendaraan Dialihkanilustrasi jalan menuju Pantai Sanur (unsplash.com/hhafizh)

Bayu pun menambahkan, kegiatan uji coba itu dilakukan untuk memberi sosialisasi ke masyarakat. Kegiatan itu berlangsung sejak pukul 11.00 WIB hingga 13.00 WIB. Adapun dari pelaksanaan yang dilakukan, sekitar 50 kendaraan dialihkan oleh petugas karena pelat nomor yang digunakan tak sesuai dengan aturan.

"Makanya tadi kilometer 46 selama pelaksanaan itu tidak banyak, mungkin kalau mungkin 50-an ada ya. Karena didominasi oleh kendaraan bus, truk, truk boks, untuk kendaraan pribadi sangat jarang," ucap dia.

2. Ganjil genap bisa kurangi kepadatan di jalan tol

Uji Coba Ganjil Genap di Jalan Tol Cikampek, 50 Kendaraan DialihkanIlustrasi arus mudik di jalan tol. (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Selama pelaksanaan uji coba, Bayu pun mengatakan, pihaknya mendapati adanya kendala seperti terjadinya pelambatan. Apabila nantinya terjadi pelambatan hingga dua kilometer akibat skema tersebut, maka akan dilakukan sterilisasi untuk melancarkan kembali arus lalu lintas.

Diharapkan, dengan diberlakukannya ganjil genap, warga dapat berangkat mudik tanpa menunggu puncak arus mudik. Selain itu, diharapkan pula jumlah pemudik pada H-4 dapat berkurang dan kepadatan di jalur lalu lintas dapat diatasi.

"Kalau dari 136 ribu itu ada pengurangan minimal 20 ribu atau 30 ribu kan itu sudah bagus untuk mengurangi kepadatan di jalan tol. Jadi masyarakat juga akan merasa nyaman kalau dia sudah berjalan," kata dia.

3. Uji coba dilakukan selama tiga hari

Uji Coba Ganjil Genap di Jalan Tol Cikampek, 50 Kendaraan DialihkanIlustrasi Infrastruktur Jalan Kota (IDN Times/Arief Rahmat)

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan jadwal dan lokasi pelaksanaan yang telah ditentukan oleh Kepolisian, yang dimulai di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 47 (Karawang Barat) dengan detail sebagai berikut:

Senin, 25 April 2022

Pukul 11.00-13.00 WIB
Dimulai dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 47 (Karawang Barat) s.d GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 70

Selasa, 26 April 2022

Pukul 11.00-13.00 WIB
Dimulai dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 47 (Karawang Barat) s.d GT Palimanan Utama Jalan Tol Cipali KM 188

Rabu, 27 April 2022

Pukul 10.00-17.00 WIB
Dimulai dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 47 (Karawang Barat) s.d GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang KM 414

Sesuai dengan yang disampaikan oleh Kepolisian, Heru menambahkan, apabila terjadi kepadatan, maka akan dilakukan diskresi Kepolisian dengan rekayasa lalu lintas contraflow atau satu arah berlawanan.

“Selain itu, jika kepadatan melebihi batas maksimal, maka akan dilakukan diskresi Kepolisian dengan rekayasa lalu lintas one way Jasa Marga siap mendukung uji coba pelaksanaan rekayasa lalu lintas ini dengan menyiagakan petugas, perambuan dan menyampaikan informasi melalui Dynamic Mesaage Sign (DMS) untuk memastikan perjalanan pengguna jalan tetap aman,” ujar Heru.

Baca Juga: Uji Coba Ganjil-genap di Km 47 Tol Japek Hanya Menyasar Mobil Pribadi

Baca Juga: Mudik Lebaran 2022, Pemerintah Jamin Tak Ada Jalan Tol Berlubang

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya