Teja Cidera, I Made Siap Jadi Kiper Utama Persib Bandung

Teja Paku Alam diprediksi istirahat hingga empat bulan

Bandung, IDN Times - Persib Bandung harus kehilangan kiper utama Teja Paku Alam karena mengalami cidera patah tulang jari tangan. Teja cidera ketika melakoni latihan di Stadion Persib, Sabtu (21/5/2022).

Saat ini Teja sedang dalam perawatan di rumah sakit yang mengharuskan ia menepi selama empat bulan ke depan. Artinya Teja tidak akan memperkuat Maung Bandung di awal Liga Indonesia 2022/2023.

Tim kepelatihan Persib pun akhirnya memanggil satu kiper baru dari tim junior sebagai pelapis penjaga gawang yang sudah ada.

Salah satu kiper Persib, I Made Wirawan, berharap Teja bisa segera sembuh dari cideranya. Menurutnya, siapapun yang nanti ditunjuk pelatih harus bermain secara baik baik tim.

"Siapa yang main nanti keputusan pelatih dan nanti kita sebagai kiper pastinya berusaha memberikan yang terbaik dalam latihan," kata I Made ditemui usai latihan Persib Bandung di Lapangan Sidolig, Senin (23/5/2022).

1. Berharap ikut turnamen pramusim

Teja Cidera, I Made Siap Jadi Kiper Utama Persib BandungLogo Piala Menpora 2021. ligaindonesiabaru.com

Untuk persiapan Liga Indonesia, I Made berharap Persib Bandung bisa ikut serta, termasuk kemungkinan adanya Piala Indonesia. Meski demikian, dia tetap akan mengikuti instruksi pelatih untuk ikut dalam turnamen apapun jika memang dibutuhkan.

"Nah kalau masalah turnamen pramusim itu murni keputusan dari pelatih. Kita sebagai pemain apa yang diinstruksikan pelatih kita ikut. Kalau pelatih bilang kita ikut turnamen pemain pasti harus siap. Dan pelatih sudah tau apakah pemain sudah siap atau belum," kata dia.

Saat ini Pangeran Biru masih fokus dalam pembenahan fisik dan teknik jelang ujicoba. Pertandingan sebelum liga sangat penting dalam mengasah kemampuan pemain dan tim.

2. Teja alami patah tulang kelima di tangan kiri

Teja Cidera, I Made Siap Jadi Kiper Utama Persib BandungTeja paku Alam, kiper Persib yang tampil menawan di Liga 1 2021/22. (persib.co.id).

Sebelumnya, Teja Paku Alam harus mendapatkan perawatan intensif. Kiper Persib tersebut mengalami patah tulang kelima di bagian tangan kirinya. Ia mengalami cedera dalam rangkaian gim internal.

Teja mengalami cedera di bagian metacarpal tangan kirinya saat menghalau bola dalam sesi latihan bersama pelatih kiper, Luizinho Passos. Kiper kelahiran Painan, Sumatera Barat, 14 Maret 1994 tersebut mengalami cedera fraktur atau patah tulang.

Akibat cedera tersebut, Teja Paku Alam kemungkinan membutuhkan waktu pemulihan yang cukup panjang.

3. Kemungkinan akan dioperasi

Teja Cidera, I Made Siap Jadi Kiper Utama Persib BandungKiper Persib, Teja Paku Alam (kanan) dan Pelatih kiper Persib,  Luizinho Passos (kiri) saat melakukan pemanasan jelang laga. (persib.co.id).

Dokter tim Persib Bandung, Rafi Ghani menjelaskan, Teja kemungkinan terkena bola yang mengenai titik lemah dari lengan kirinya sehingga menyebabkan cedera.

Ke depan akan ada beberapa tindakan penanganan yang akan dilakukan bagi Teja. Rafi mengaku telah berkonsultasi dengan seorang dokter ortopedi untuk mempercepat pemulihan pemain bernomor punggung 14 tersebut.

"Untuk opsi tindakan operasi akan kita lihat lebih jauh bagaimana kondisinya selanjutnya. Saya juga akan berkonsultasi dengan beberapa dokter ortopedi. Yang jelas kita akan berikan yang terbaik untuk Teja," kata Rafi.

Rafi berharap, Teja bisa segera pulih. Bahkan, menurutnya, Teja masih memungkinkan melakukan latihan untuk menjaga kebugaran.

“Jadi tetap akan ada aktivitas, tapi bagian yang cederanya sementara harus diistirahatkan dulu, dan diobservasi supaya cepat pulih," ucapnya.

Baca Juga: Teja Paku Alam Sesalkan Kekalahan Persib Atas Bhayangkara FC

Baca Juga: Pemkot Bandung Klaim Stadion GBLA Layak Dijadikan Markas Persib

Baca Juga: Teja Paku Alam Bermain Bak Kiper di Film Shaolin Soccer

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya