Ridwan Kamil Sentil Lagi Persoalan Stadion GBLA Lewat Akun Instagram

Warganet berharap tahun ini Persib bisa bermarkas di GBLA

Bandung, IDN Times - Persoalan penggunaan stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) hingga saat ini belum juga menemukan titik terang. Sudah bertahun-tahun stadion yang digadang-gadang jadi kebanggaan warga Bandung ini tidak digunakan untuk laga resmi, seperti Liga Indonesia.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun kembali menyentil permasalahan ini. Dalam akun Instagram pribadi miliknya, dia menggunggah dua foto Stadion GBLA dengan keterangan yang mengajak warga Bandung untuk ikut berkomentar.

"Waktu, tempat dan hestek dipersilahkan.
Sok bengbrengkeun hate meh puas.
GBLA adalah aset Kota Bandung. Sesuai aturan perundang-undangan, Segala jenis bentuk keputusan terkait pengelolaan ada di Pemkot Bandung.
Semoga secepatnya ada keputusan terbaik bagi semua pihak. Aamiin.

"Tapi kan pak, sebagai..

Iyah iyah," tulis Ridwan Kamil.

1. Sentilan ini bukan yang pertama kali

Ridwan Kamil Sentil Lagi Persoalan Stadion GBLA Lewat Akun Instagraminstagram.com/igpersib

Pernyataan Ridwan Kamil untuk penggunaan Stadion GBLA bukan yang pertama kali. Sebelumnya dia juga telah meminta Yana Mulyana yang kala itu masih menjabat sebagai Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bandung untuk segera membereskan persoalan ini. Emil menganggap stadion ini adalah salah satu proyek strategis bagi Pemkot Bandung.

Pernyataan ini disampaikan Emil guna merespons Yana yang sebelumnya menyatakan bahwa Pemkot Bandung akan menyelesaikan persolaan GBLA dalam waktu dua bulan ke depan.

Menurut Emil, saat ini pemerintah daerah terutama di Jabar diminta oleh Kejati Jabar untuk merawat semua aset-asetnya. Hal ini termasuk Kota Bandung yang masih belum selesai mengurusi aset Stadion GBLA.

"Kajati Jabar juga memberi perhatian agar aset-aset di Kota Bandung yang belum dimanfaatkan secara maksimal, jangan masuk sebagai kategori yang terlantar. Salah satunya adalah GBLA," ujar Emil saat ditemui di Gedung Pakuan, Kamis (7/4/2022).

2. Emil sebut kondisi GBLA sangat memprihatinkan

Ridwan Kamil Sentil Lagi Persoalan Stadion GBLA Lewat Akun InstagramDok.IDN Times/Istimewa

Pemprov Jabar, kata Emil, menunggu langkah kongkret dari Pemkot Bandung untuk menyelesaikan dan meninggikan marwah Stadion GBLA yang sudah mangkir dari liga-liga di Indonesia.

"GBLA selama dua musim terparkir. Jadi barangnya sudah ada, ya tinggal masalah manajemen penggunaan dan itu wilayahnya ada di Kota Bandung. Jadi, saya sangat berharap Kota Bandung segera merespons dan memanfaatkan aset-aset yang sudah ada," kata dia.

3. Yana Mulyana pernah berjanji akan selesaikan persoalan GBLA selama dua bulan

Ridwan Kamil Sentil Lagi Persoalan Stadion GBLA Lewat Akun InstagramWakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana. IDN Times/Debbie Sutrisno

Sebelumnya, Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, hingga sekarang proses lelang mencari pihak yang ingin mengoperasikan stadion GBLA masih berlangsung.

"Karena ternyata ada beberapa regulasi yang tetap harus ditempuh untuk bisa melakukan sampai ke proses lelang," ujar Yana, Jumat (14/1/2022).

Pemerintah Kota Bandung awalnya menargetkan Desember 2021 seluruh proses lelang rampung. Sayangnya keinginan tersebut gagal total, hingga sekarang proses lelang belum bisa dipastikan kapan selesainya.

"Kan dari awal untuk kita bisa menyelesaikan seperti ada proses serah terima dari PT Adhi Karya ke Pemkot Bandung, itukan butuh waktu lama. Terus pengalihan pengguna barangnya dari Distaru (Dinas Tata Ruang) ke Disporanya (Dinas Pemuda dan Olahraga). Di internalnya kita lakukan terus, karena kehati-hatian lah. Tapi Insya Allah itu berproses," kata Yana.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya