Comscore Tracker

Ridwan Kamil: Mulai 2020, SPP SMA/SMK Gratis! Pemprov Siapkan Rp1,4 T

Semoga pendidikan di Jabar semakin baik ya...

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) memastikan bakal menggratiskan sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) mulai tahun ajaran baru Juli 2020. Namun, biaya SPP yang gratis hanya untuk pelajar setingkat menengah atas (SMA) dan kejuruan berstatus (SMK) negeri saja.

"Satu highlights terbesar adalah Alhamdulillah bisa dimulainya SPP kalau istilah dulu kalau sekarang namanya Iuran Bulanan Peserta Didik atau IBPD istilah barunya untuk SMA dan SMK negeri," kata dia di Gedung Sate, Kamis (28/11).

1. Siswa yang ada di sekolah swasta tapi perekonomiannya sulit bisa gratis juga

Ridwan Kamil: Mulai 2020, SPP SMA/SMK Gratis! Pemprov Siapkan Rp1,4 TANTARA FOTO/Maulana Surya

Selain itu, Emil mengatakan, biaya SPP akan digratiskan pula untuk pelajar yang tidak mampu secara ekonomi ataupun masuk ke sekolah swasta karena tidak lolos dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk masuk ke sekolah negeri . Sementara, bagi sekolah setingkat Madrasah Aliyah (MA) penyaluran bantuan akan diberikan melalui Kementerian Agama.

"Untuk siswa tidak mampu tidak lolos PPDB kan harus disalurkan ke swasta itu ada bantuan juga untuk membantu mereka bisa sekolah di swasta," ujar Emil.

2. Anggaran bantuan didapat hasil efisiensi dana bansos dan perjalanan dinas

Ridwan Kamil: Mulai 2020, SPP SMA/SMK Gratis! Pemprov Siapkan Rp1,4 TDok.Humas Jabar

Mantan Wali Kota Bandung ini mengatakan, anggaran yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk menggratiskan SPP mencapai angka Rp1,4 triliun tiap tahun. Namun, untuk tahun depan anggaran yang dikeluarkan baru Rp700 miliar. Musababnya, aturan ini baru mulai dilakukan pada pertengahan tahun.

Anggaran sebesar ini didapat dengan mengefisiensikan dana hibah bantuan sosial hingga hingga perjalanan dinas bagi aparatur sipil negara (ASN) yang mencapai Rp150 miliar. Dia berharap penerapan biaya gratis SPP dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala.

"Ya ari (kalau) besar kecil mah relatif ini kan hasil hibah bansos. Dulu hibah bansos banyak sekali sekarang kita cukupkan, efisienkan, sehingga menemukan ruang Rp1,4 triliun per tahun untuk menggratiskan SPP," kata dia.

3. SPP gratis untuk siswa bukan hanya terjadi di Jabar

Ridwan Kamil: Mulai 2020, SPP SMA/SMK Gratis! Pemprov Siapkan Rp1,4 TIDN Times/Lazuardi Putra

Sebelum di Provinsi Jabar, Provinsi Jawa Timur telah terlebih dahulu menggratiskan SPP untuk siswa SMA/SMK Negeri. Tak hanya itu, Pemprov Jatim juga akan menyalurkan seragam gratis. Sementara untuk SMA/SMK swasta akan mendapat subsidi dari khusus dari pemprov.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, mengatakan kebijakan SMA/SMK negeri bebas biaya diberlakukan mulai Juli 2019. Artinya kebijkan itu berlaku pada tahun ajaran baru 2019/2020. "Sedulur, mulai Juli SPP SMA dan SMK negeri di seluruh Jawa Timur gratis," ujarnya.

Sementara untuk seragam gratis, Gubernur perempuan pertama di Jatim ini memastikan masing-masing siswa SMA/SMK negeri mendapat dua setel. Pemberian seragam ini hanya untuk siswa tahun ajaran baru.

"Juga akan diberikan dua setel seragam sekolah bagi siswa ajaran baru," kata Khofifah.

Baca Juga: Mau Kuliah Gratis ke Belanda? 5 Beasiswa Full Ini Wajib Kamu Coba

Baca Juga: Kepsek SMA/SMK/SLB se-Bali Dapat Tunjangan Rp6,25 Juta Bikin Cemburu

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya