Pulihkan Lahan Kritis, 1 Juta Pohon Ditanam di Sepanjang DAS Citarum

Masyarakat diharap bisa ikut serta melestarikan kawasan ini

Bandung, IDN Times—Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama Satgas Citarum Harum akan menanam 1 juta pohon pada tahun ini, guna memulihkan lahan kritis di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Citarum.

Berbagai jenis pohon tersebut akan ditanam baik di dalam maupun di luar kawasan DAS Citarum. Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono mengatakan, saat ini luas lahan kritis yang terdapat di dalam area DAS Citarum mencapai 15 ribu hektare. Sementara, luas lahan kritis di luar area DAS Citarum mencapai 64 ribu hektare.

"Untuk mengatasinya, sepanjang 2019 kami telah menanam hingga 1,5 juta pohon untuk mengkonservasi lahan kritis," ungkapnya melalui siaran pers yang diterima IDN Times, Rabu (11/3).

Tahun ini pihaknya menargetkan sebanyak 1 juta pohon akan kembali ditanam. Lokasi diprioritaskan berada di dalam area DAS Citarum.

"Sekarang yang siap tanam ada sekitar 1 juta pohon. Diutamakan (lahan kritis) yang ada di dalam kawasan dulu," ungkapnya.

1. Kopi salah satu pohon yang banyak ditanam

Pulihkan Lahan Kritis, 1 Juta Pohon Ditanam di Sepanjang DAS CitarumPohon Kopi Liberica di Desa Air Gading Banyuasin Sumsel (IDN Times/Sumsel)

Tri menyebut, penanaman pohon sangat penting untuk kelestarian DAS Citarum. Selain pohon-pohon besar yang mampu menahan laju air, pohon produktif yang bisa dimanfaatkan masyarakat pun bakal menjadi komoditas yang ada di sekitar sungai.

"Sekarang sudah beberapa ratus ribu yang ditanam. Pohon kopi saja sudah ada 300.000-an, yang lainnya masih banyak lagi," jelasnya.

2. Penindakan terhadap perusak DAS Citarum lebih tegas

Pulihkan Lahan Kritis, 1 Juta Pohon Ditanam di Sepanjang DAS CitarumIDN Times/Istimewa

Selain mengkonservasi lahan, Tri mengatakan, pada 2020 satgas Citarum Harum bakal menggalakan penindakan tegas para perusahaan yang kedapatan melanggar aturan pembuangan limbah. Satgas tidak akan segan-segan membawa perusahaan yang melanggar ke persidangan.

"Kalau pabrik yang buang limbah yang belum diolah akan kami peringatkan sebanyak tiga kali. Kami juga akan lebih tegas, perusahaan yang melanggar bisa dimejahijaukan," jelasnya.

3. Masyarakat diajak untuk berpartisipasi melestarikan Citarum

Pulihkan Lahan Kritis, 1 Juta Pohon Ditanam di Sepanjang DAS CitarumDok.IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang juga berperan sebagai Ketua Umum Satgas Citarum Harum mengatakan, program penanaman pohon tersebut tidak akan hanya dilakuan oleh para komandan sektor atau pihak Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Masyarakat juga akan dikerahkan untuk berpartisipasi melalui sejumlah program khusus.

"Penanaman pohon ini akan melibatkan masyarakat yang sedang berbahagia," ujar Emil.

Baca Juga: Tanam Bibit Bambu, Alumni ITB '95 Ikut Sukseskan Program Citarum Harum

Baca Juga: Dibutuhkan 24 Juta Bibit Pohon Guna Pulihkan Hulu DAS Citarum

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya