Penerbangan Lesu, BIJB Lakukan Penghematan Agar Tak Merugi

Sejumlah pegawai pun mulai bekerja dari rumah

Bandung, IDN Times - Manajemen PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (PT BIJB) masih berjibaku dengan efisiensi seiring belum banyaknya penerbangan pesawat dari Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Direktur Utama PT BIJB Salahudin Rafi mengatakan, selama pandemik COVID-19 dan penerapan adaptasi kebiasaan baru (AKB) manajemen sudah mengambil inisiatif untuk melakukan penghematan.

“Kondisi seperti ini ada arahan efisiensi kami lakukan. Sejak operasional penerbangan berhenti, jam operasional bandara sudah berkurang. Untuk AC dan lampu sudah kita matikan,” ujar Salahudin kepada wartawan, Kamis (3/9/2020).

1. Selama PSBB dan AKB pun jumlah pegawai dikurangi untuk bekerja dari rumah

Penerbangan Lesu, BIJB Lakukan Penghematan Agar Tak MerugiIDN Times/Debbie Sutrisno

Sejak pandemik COVID-19, kegiatan karyawan BIJB mulai berkurang sejak penerapan sistem kerja di rumah selama pandemik dan AKB. Para karyawan, menurutnya, kini berada dalam status stand by call.

“Jadi kalau dibutuhkan, kita kontak, dan karyawan siap. Ini juga dalam rangka efisiensi,” ujar Rafi.

Upaya penghematan menurutnya akan terus berjalan sambil menunggu bangkitan penumpang transportasi. Menurutnya Agustus-September ini penumpang yang memakai pesawat belum akan tumbuh tinggi.

"Rata-rata masih di bawah 30 persen, kursi yang terisi belum sampai 100 persen,” katanya.

2. Berbagai perencanaan pasca pandemik ini terus dipersiapkan

Penerbangan Lesu, BIJB Lakukan Penghematan Agar Tak MerugiDok.IDN Times/Istimewa

Meski melakukan penghematan, Rafi memastikan manajemen terus mematangkan rencana penerbangan umrah yang ditargetkan bisa digelar pada Oktober-November mendatang. Pihaknya juga sudah mulai melakukan persiapan-persiapan untuk keberangkatan Haji 2021.

“Sudah kami siapkan. Nah, sekarang penghematan terus dilakukan sambil menguatkan strategi pemulihan bisnis,” pungkasnya.

3. Manajemen bisa melakukan berbagai langkah untuk menjaga kondisi keuangan perusahaan

Penerbangan Lesu, BIJB Lakukan Penghematan Agar Tak MerugiIlustrasi Uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu, Kepala Biro BUMD dan Investasi Setda Provinsi Jawa Barat, I Gusti Agung Kim Fajar Wiyati Oka memastikan telah menyampaikan arahn agar pelaku usaha di bawah naungan Pemprov Jabar agar melakukan efisiensi.

Menurutnya, di masa pandemi BUMD yang ada harus melakukan refocusing dan regrowing menggunakan skema capaian program. Manajemen juga diminta untuk terus menganalisis peluang bisnis yang bisa dikembangkan selama masa pandemi.

“Tapi kami memberikan keleluasaan (kepada setiap manajemen)," paparnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya