Pendaftaram SMUP Unpad Sarjana dan Sarjana Terapan hingga 25 Juli 2023

Yuk calon mahasiswa, bisa jadi piihan nih buat kuliah

Bandung, IDN Times - Universitas Padjadjaran (Unpad) membuka pendaftaran SMUP untuk program Sarjana Reguler dan Sarjana Terapan. Pendaftaran dibuka pada 29 Maret hingga 25 Juli 2023 pukul 16.00 WIB.

Kepala Kantor SMUP Ir. Anas, M.Sc., PhD, mengatakan, ada tiga jalur pendaftaran untuk program Sarjana Reguler, yaitu jalur nilai ujian atau jalur mandiri, jalur prestasi, dan jalur kelas internasional. Sementara untuk program Sarjana Terapan pendaftaran menggunakan jalur nilai ujian.

“Untuk SMUP Sarjana dan Sarjana Reguler, seleksinya penuh dilaksanakan oleh Unpad,” kata Anas dikutip dari siaran pers, Jumat (31/3/2023).

Untuk jalur nilai ujian, peserta dapat memilih menggunakan skema nilai UTBK SNBT 2023 atau menggunakan nilai ujian SMUP. Peserta bisa memilih untuk memasukkan nilai UTBK atau ikut lagi ujian SMUP yang ada di Unpad guna mendaftar ke S-1 atau D-4.

Bagi peserta yang mendaftar ke Sarjana Reguler menggunakan nilai ujian SMUP, nilai ujian tersebut bisa digunakan kembali untuk mendaftar ke Program Sarjana Terapan. Dengan demikian, pendaftar program Sarjana Terapan nantinya tidak perlu mengikuti ujian SMUP kembali.

1. Ini materi yang diujikan dalam SMUP Unpad

Pendaftaram SMUP Unpad Sarjana dan Sarjana Terapan hingga 25 Juli 2023Ilustrasi SBMPTN. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Materi ujian yang diujikan pada SMUP berupa tes kemampuan belajar yang sepadan dengan ujian SNBT. Pelaksanaan ujian juga dilakukan secara daring. Prestasi tersebut merupakan prestasi yang diraih pelajar di bidang sains, olahraga, seni, dan keagamaan, baik di tingkat nasional maupun internasional. Kriteria prestasi yang dipertimbangkan dapat dilihat di laman berikut.

“Kami apresiasi bagi adik-adik pelajar yang punya prestasi, silakan daftar di jalur prestasi,” kata Anas.

Untuk jalur prestasi, Anas mengingatkan bahwa pendaftar tetap wajib memiliki nilai UTBK atau SMUP sebagai komponen penilaian akademik. “Meskipun presentase bobot penilainnya berbeda, nilai ujian tetap diperlukan,” tambahnya.

Sementara untuk jalur internasional terbuka bagi pendaftar yang ingin mengikuti perkuliahan di kelas internasional. Pada program ini, perkuliahan menggunakan bahasa Inggris dengan metode dan kurikulum pembelajaran disesuaikan dengan standar internasional.

2. Program internasional buka lima prodi

Pendaftaram SMUP Unpad Sarjana dan Sarjana Terapan hingga 25 Juli 2023Ilustrasi industri farmasi di dunia (Pixabay)

Tahun ini, program internasional Unpad membuka lima program studi, yaitu Akuntansi, Manajemen, Ekonomi, Kedokteran Gigi, dan Farmasi. Penilaian program ini mempertimbangkan pada kemampuan akademik dan kemampuan berbahasa Inggris yang dibuktikan dengan sertifikat dari lembaga yang diakui Unpad. Daftar lembaga bahasa yang diakui Unpad dapat dilihat di laman berikut.

Anas mengatakan, bagi pelajar yang sudah mantap untuk mendaftar SMUP, dimohon untuk melakukan pendaftaran sedini mungkin. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi adanya penumpukan pendaftaran di akhir.

“Terutama bagi pendaftar angkatan 2021 dan 2022, itu kalau mau ikut SMUP dari awal-awal saja mendaftarnya,” kata Anas.

3. Bisa mendaftar lebih dari satu jalur

Pendaftaram SMUP Unpad Sarjana dan Sarjana Terapan hingga 25 Juli 2023http://prodis1.fh.unpad.ac.id/

Anas juga mempersialakn pendaftar untuk mendaftar lebih dari satu jalur atau program pendidikan. “Misalnya, saya punya prestasidi bidang non akademik, tapi saya ingin coba di jalur ujian. Atau peserta mau daftar ke S-1 atau D-4 sekaligus itu bisa. Silakan, bebas,” pungkasnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya