Pasar Rakyat Baleendah Kini Lebih Nyaman Setelah Direvitalisasi

Pemprov Jabar target perbaiki 25 pasar

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Barat kembali melakukan revitalisasi pasar rakyat. Kali ini Pasar Baleendah di Kabupaten Bandung jadi sasaran.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, perbaikan pasar rakyat diharap bisa memberikan kemakmuran bagi pedagang.

"Kita meresmikan tahap dua revitalisasi Pasar Baleendah karena kita ingin di masa depan yang makmur itu pasar rakyat. Sudah lebih dari 13 pasar yang direvitalisasi oleh Pemda Provinsi Jabar, dan tentu akan kita revitalisasi dan juga kombinasi dengan pasar yang direvitalisasi oleh Pak Bupati (Bandung) sekarang ini," kata Emil, Jumat (15/4/2022).

1. Sudah terbangun 143 kios

Pasar Rakyat Baleendah Kini Lebih Nyaman Setelah DirevitalisasiDok. Pemprov Jabar

Emil berharap setelah direvitalisasi Pasar Rakyat Baleendah menjadi lebih nyaman, dan masyarakat Kabupaten Bandung tertarik untuk berbelanja.

"Ini sekarang tahap dua. Alhamdulillah sudah terbangun 143 kios untuk pedagang. Pasarnya, insyaallah, makin bagus, dan seterusnya. Nanti ke depan kita jadikan pasar yang maju, nyaman dan pasar yang disukai rakyat," tuturnya.

2. Revitalisasi buat pengelolaan pasar makin modern

Pasar Rakyat Baleendah Kini Lebih Nyaman Setelah DirevitalisasiIlustrasi pasar tradisional. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Bupati Bandung Dadang Supriatna menyambut baik revitalisasi Pasar Rakyat Baleendah tahap dua. Menurutnya, program revitalisasi pasar tersebut membuat pengelolaan pasar semakin modern dan profesional.

"Secara umum kebijakan pasar rakyat yang ingin dikembangkan di Kabupaten Bandung adalah pasar yang memiliki tempat belanja dan harga terjangkau, yang bersih dan rapi, serta pengelolaannya dilakukan secara profesional dan modern," kata Dadang.

3. Targetkan perbaikan 25 pasar

Pasar Rakyat Baleendah Kini Lebih Nyaman Setelah DirevitalisasiPresiden Jokowi memberikan BLT ke pedagang Pasar Rakyat di Desa Tempurejo, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Emil menyebut Pemprov Jabar akan terus merevitalisasi pasar agar nyaman. Hingga saat ini, dari 25 pasar yang ditargetkan direvitalisasi yang sudah terealisasi ada 21 pasar dengan dana sebesar Rp 229,7 miliar dari bantuan keuangan Pemda Provinsi Jabar.

"Adapun revitalisasi Pasar Pasalaran menelan biaya Rp 9,2 miliar dan Pasar Kue Waru Rp 13,5 miliar," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil saat meresmikan dua pasar tradisional sekaligus hasil revitalisasi Program Pasar Rakyat Jabar Juara di Kabupaten Cirebon.

Sementara di 2022, kata dia, akan ada satu unit pasar yang akan direvitalisasi dengan dana Rp 4 miliar. "Kita akan terus memperbaiki pasar agar ekonomi rakyat jadi nomor satu lagi pasca-pandemi Covid-19," kata Emil

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya