Masjid Desain Ridwan Kamil di Palestina Mulai Dibangun

Masjid ini sempat hancur setelah dibom pasukan Israel

Bandung, IDN Times - Pembangunan Masjid Syaikh 'Ajlin di Gaza, yang didesain khusus Ridwan Kamil resmi dimulai hari ini. Masjid ini sebelumnya telah didirikan pada 1957. Namun, pada serangan Israel tahun 2014 masjid tersebut hancur lebur hingga berpuing-puing.

Direktur Aman Palestin Indonesia Miftahuddin Kemal mengatakan, nama masjid tersebut dinisbatkan kepada tokoh mujahiddin, ahli syariah, alim ulama dan ahli tassawuf. Sempat menjadi masjid bagi banyak umat muslim, ketika rumah Allah ini hancur maka jemaah harus salat di tenda darurat, hingga di bawah terik matahari dan guyuran hujan

"Jadi pengakuan dari warga kampung Syaikh 'Ajlin, masjid ini dipenuhi jamaah yang sampai jumlahnya ribuan saat musim panas. Masjid ini kebanggaan bangsa Indonesia," kata Kemal ditemui di Gedung Pakuan, Rabu (7/4/2021).

1. Masjid ini dikonsep mengusung keseimbangan manusia dan pencipta-Nya

Masjid Desain Ridwan Kamil di Palestina Mulai DibangunIDN Times/Istimewa

Ditemui di tempat yang sama, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, masjid tersebut dirancang dengan mengusung konsep keseimbangan hubungan seorang muslim antara dengan ilahi, manusia dan alam. Konsep itu direpresentasikan lewat tiga bangunan utama masjid yang didesain dengan gaya futuristik.

"Makanya ada struktur yang tinggi di tengah habluminallah, kanan hablumminannas dan hablumminal alam. Bahwa kita harus seimbang dalam hubungan kepada Allah, manusia dan mencintai alam," ujar Emil.

2. Masjid ini nantinya bisa digunakan juga sebagai madrasah

Masjid Desain Ridwan Kamil di Palestina Mulai DibangunIDN Times/Istimewa

Masjid tersebut akan dibangun tiga lantai, tak hanya untuk tempat salat, juga akan menjadi tempat belajar atau madrasah. Mantan Wali Kota Bandung ini berharap masjid ia bisa merestorasi fungsi masjid ini seperti sedia kala.

"Itulah kenapa sebelum dihancurkan pada 2014 sudah ribuan penghafal Quran lulus dari masjid Syaikh 'Ajlin yang lama," katanya.

3. Dana pembangunan belum cukup, mari kita bantu dengan bersedekah

Masjid Desain Ridwan Kamil di Palestina Mulai DibangunIDN Times/Istimewa

Rencananya pembangunan masjid ini akan menelan anggaran Rp20 miliar. Untuk sementara dana yang masuk sebesar Rp2,08 miliar dari Pemprov Jabar dan Rp1,97 miliar dari Wakaf Salman.

Emil mengajak masyarakat khususnya dari Indonesia untuk ikut serta bersedekah dalam pembangunan masjid ini. "Karena itu saya titip mari atas nama kemanusiaan dan ukhwah Islamiah kita bantu sedekah infak langsung dan digital untuk menggenapkan kemuliaan seluruh pembangunan ini. Saya sebagai gubernur tentu akan mengajak perusahaan orang yang punya kelebihan harta untuk turun," ujarnya.

Penunjukkan Emil sebagai arsitek masjid tersebut sebenarnya telah dilakukan saat dia masih menjabat sebagai Wali Kota Bandung.

"Dakwah saya dengan mendesain infrastuktur, dengan imajinasi saya, saya ingin mengembalikan kebanggaan warga Palestina," pungkasnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya