Comscore Tracker

Malam Takbiran di Kota Bandung Berjalan Kondusif

Oded pastikan sejumlah masjid siap gelar salat idulfitri

Bandung, IDN Times - Wali Kota Bandung, Oded M. Danial melakukan pemantauan langsung terhadap kesiapan pengamanan Idul Fitri di sejumlah cek poin. Pemantaun dilakukan bersama Wakil Wali Kota , Yana Mulyana beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah.

"Saya sekarang di pos pemantauan pusat, ini pemantauan saja, untuk pemeriksaan dan lain sebagainya ada di cek poin-poin," ujar Oded, Rabu (12/5/2021).

Sebelum ke tempat tersebut, Oded terlebih dahulu melakukan pemantauan di Masjid Al-Ukhwah Jl. Wastukencana. Dari hasil pemantauan, masjid tersebut diklaim telah siap untuk menggelar salat Idul Fitri, Kamis (13/) besok.

"Barusan Saya juga baru melihat masjid Al Ukhwah, Saya sudah nanya ke DKM bagaimana kesiap besok, mereka sudah sangat siap, dengan prokes malam ini akan di disinfektan, dan mempersiapkan semuanya," ujarnya.

1. Oded-Yana laksanakan salat id di rumah dinas

Malam Takbiran di Kota Bandung Berjalan KondusifIDN Times/Istimewa

Ketika ditanya salad Id, Oded mengungkapakan bahwa dirinya tidak melaksanakan salad Id di masjid. Oded akan menggelar salat Idulfitri di rumah dinas bersama keluarga.

"Di Pendopo (Salat Id), di rumah dinas sendiri," pungkasnya.

Dari pantauan di lapangan, setelah mengunjungi pos Cikapayang, Dago, Oded beserta rombongan melanjutkan pengawasan ke pos pengamanan di Tol Gate Pasteur. Di tempat tersebut, Oded beserta rombongan melakukan diskusi terkait pengamanan di pintu-pintu masuk Kota Bandung.

Rombongan tersebut juga sempat melakukan sesi foto bersama di depan Gate Tol Pasteur sebelum berpencar untuk mengunjungi pos-pos lainnya.

2. Sejumlah masjid raya siap selenggarakan pelaksanaan Salat Id

Malam Takbiran di Kota Bandung Berjalan KondusifUmat muslim melaksanakan shalat Idul Adha di Masjid Raya Bandung, Jawa Barat, Jumat (31/7/2020). ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/pras.

Di Bandung, sejumlah masjid raya rencananya akan menggelar salat Idul FItri berjamaah. Protokol kesehatan pun bakal ditegakkan agar kegiatan salat tidak jadi tempat penyebaran virus corona

Humas Masjid Raya Bandung M Iqbal Muhadjir mengatakan, pihaknya akan melaksanakan aturan yang tercantum dalam Surat Edaran Kementerian Agama. Di mana jumlah jemaah yang iku salat Id di dalam masjid maksimal 50 persen dari kapasitas, menggunakan masker, menjaga jarak dan aturan yang lainnya.

"Kita Insya Allah akan menggelar Salat Ied besok dengan menerapkan prokes yang ketat, jumlah jemaah juga kita batasi sesuai arahan Kemenag Pusat," ujar Iqbal saat dihubungi wartawan, Rabu (12/5/2021).

3. Pembatas jarak disiapkan di Masjid Pusdai

Malam Takbiran di Kota Bandung Berjalan KondusifMasjid Pusdai (Istimewa)

Selain Masjid Raya Bandung, Masjid Al Ukhuwah, Masjid Pusdai dan Masjid Al Istiqomah juga akan menggelar salat Id.

"Kalau di masjid Pusdai, biasanya kita menggelar di Gasibu, tetapi karena tidak bisa kita lakukan di masjid. Di Pusdai sudah ada pembatas jaraknya, jemaah pun sudah terbiasa untuk menjaga jarak," ujar salah seorang narahubung masjid Pusdai saat dihubungi.

Baca Juga: Malam Takbiran, Millennial Membludak Belanja di Pertokoan Distro Bandung

Topic:

  • Debbie sutrisno
  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya