Comscore Tracker

Luhut Sentil Bar di Bandung, Sekda Ema: Jangan Sampai Level PPKM Naik

Semua pihak harus taat prokes COVID

Bandung, IDN Times - Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna berharap masyarakat termasuk pelaku tempat hiburan bisa lebih taat dalam menerapkan protokol kesehatan selama pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Imbauan ini usai Menteri Luhut Binsar menyentil sejumlah bar di Kota Bandung yang melanggar aturan PPKM COVID- 19.

Menurutnya hal tersebut perlu menjadi peringatan kepada masyarakat. Pasalnya apabila kegiatan masyarakat semakin tidak terkendali, maka peraturan akan diperketat kembali.

"Kami selalu warning kepada mereka, jangan euphoria, jangan euphoria, nah kalau sekarang mereka mengarah tidak terkendali ya kita harus ketatkan lagi, karena kita tidak ingin turun kelas, dari PPKM Level 2 ke Level 3," kata Ema, Selasa (9/11/2021).

1. Jangan sampai perekonomian kembali ambruk

Luhut Sentil Bar di Bandung, Sekda Ema: Jangan Sampai Level PPKM NaikIlustrasi Pertumbuhan Ekonomi (IDN Times/Arief Rahmat)

Ema mengatakan jika level PPKM di Bandung kembali naik, maka akan berdampak juga bagi masyarakat secara umum. Karena sejauh ini kebijakan relaksasi yang diberikan juga untuk meningkatkan aktivitas ekonomi dan sosial.

"Artinya kan ini sudah mendekati dua tahun loh (pandemi), masa mereka tidak paham dengan situasi dan kondisi," kata Ema.

2. Semua harus ikut aturan

Luhut Sentil Bar di Bandung, Sekda Ema: Jangan Sampai Level PPKM NaikFoto : Hariyanto

Menurut Ema, sentilan yang dilayangkan Luhut bukan berarti melarang kegiatan perekonomian. Namun menurutnya Luhut mengingatkan kepada seluruh pihak agar menjalankan aturan yang berlaku sesuai status PPKM.

"Tapi itu (tempat hiburan) diatensi betul, artinya mereka harus benar-benar menjalankan aturan main yang ada, dengan regulasi yang ada dan protokol kesehatan yang benar," katanya.

3. Jumlah petugas satgas yang sedikit jadi persoalan serius

Luhut Sentil Bar di Bandung, Sekda Ema: Jangan Sampai Level PPKM NaikDokumentasi ANTARA Foto

Ema pun memastikan para petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) terus melakukan pengawasan terhadap aktivitas masyarakat, termasuk ke bar dan kelab malam.

Namun, kata dia, pengawasan itu sering kali terkendala dengan kemampuan jumlah personel di lapangan. Maka dari itu, ia meminta kepada masyarakat agar menyadari bahwa pandemi belum berakhir.

"Kan jauh hari kita sudah berbicara kalau mengandalkan satgas itu kita tidak berimbang antara jumlah sumber daya manusia dan masyarakat yang harus ditertibkan," kata Ema.

Baca Juga: Satpol PP Sebut Bar di Bandung Sering Langgar Prokes COVID-19

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya