Comscore Tracker

Kebakaran Hutan di Sekitar Kawasan Ciwidey Belum Bisa Dipadamkan

Petugas masih berupaya memadamkan api yang menyebar

Bandung, IDN Times - Kebakaran hutan masih terjadi di sejumlah titik hutan Kabupaten Bandung. Salah satu daerah yang terdampak kebakaran adalah kawasan Kawah Putih, Ciwidey, Kecamatan Rancabali.

Kepala Seksi Pemadaman dan Investigasi Dinas Pemadam Kebakaran Bandung Muhammad Saepuloh membenarkan peristiwa kebakaran yang terjadi di kawasan tersebut. Bahkan, kata dia, kebakaran terjadi sejak Senin (7/10), sore.

Meski demikian, Soepuloh belum dapat memastikan luas lahan dan penyebab kebakaran. Petugas masih berupaya fokus melakukan pemadaman di lokasi sehingga belum dapat dilakukan pendataan dan investigasi.

"Tapi info selengkapnya belum ada karena petugas kami masih melakukan pemadaman di TKP (tempat kejadian peristiwa). Belum dilakukan investigasi dan pendataan," ujar Saepuloh ketika dihubungi.

Dia menuturkan, investigasi akan dilakukan setelah proses pemadaman. Hingga sekarang api masih menyala di lokasi dan petugas terkendala persoalan sinyal komunikasi.

"Kita juga terkendala dengan sinyal komunikasi yang kurang baik karena TKP termasuk kawasan blank spot," ungkap dia.

1. Kebakaran di Kabupaten Bandung terjadi sejak akhir pekan

Kebakaran Hutan di Sekitar Kawasan Ciwidey Belum Bisa DipadamkanIDN Times/Arief Rahmat

Sementara itu, Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Jawa Barat (Jabar), Budi Budiman Wahyu menuturkan, kebakaran yang melanda hutan di Kabupaten Bandung sudah terjadi sejak Sabtu (5/10), sekitar pukul 13.00 WIB. Kebakaran pun telah menghanguskan lahan lebih dari 220 hektare (ha).

Berdasarkan data yang dihimpun BPBD Jabar, lahan terbakar di Desa Pasir Huni Kecamatan Cimaung sekitar 26 ha. Kemudian ada di Desa Mangun Jaya yang masuk kawasan Gunung Sangar sekitar 100 ha. Puncak Besar Pacet, Kecamatan Pangalengan lahan yang terbakar kurang lebih 100 ha.

"Gunung Malabar Desa Mekarmaju juga mengalami kebakaran," ujar Budi.

2. Terdapat kawasan yang sudah padam, tapi ada juga yang masih menyala

Kebakaran Hutan di Sekitar Kawasan Ciwidey Belum Bisa DipadamkanIDN Times/Istimewa

Budi mengatakan, setelah menurunkan tim untuk melakukan pemadaman, tidak seluruhnya mampu dijinakan. Kebakaran yang berada di Petak 5B Gunung Sangar sejauh ini sudah padam. Namun terdapat beberapa titik di mana api masih menyala seperti puncak besar pacet (Pangalengan), puncak Mega Arjasari Cimaung, Gunung Urug Kesik, Gunung Puntang HPD Desa Pasir Huni Kecamatan Cimaung

"BPBD Provinsi Jawa Barat Berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bandung serta melakukan assessment di lokasi kejadian," papar Budi.

3. Puluhan petugas telah diterjunkan atasi kebakaran

Kebakaran Hutan di Sekitar Kawasan Ciwidey Belum Bisa DipadamkanDok.IDN Times/Istimewa

Saat ini tim dari berbagai unsur telah ikut serta turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan dan memadamkan api yang terus menjalar. BPBD Jabar telah menerjunkan empat orang, BPBD Kabupaten tujuh orang, Perhutani 56 orang, Yayasan Owa Jawa lima oreng

"Kita dibantu tim dari Koramil dan Polsek setempat," pungkasnya.

Baca Juga: Sempat Kelelahan, Tiga Pendaki Gunung Raung Selamat dari Kebakaran

Baca Juga: Pemkot Bandung Dinilai Gagal Atasi Persoalan Kemacetan Lalu Lintas

Topic:

  • Debbie sutrisno
  • Yogi Pasha

Just For You