ITB Pastikan Pakai Rektor Lokal untuk Periode Mendatang

Semua tata cara pemilihan akan dilakukan secara transparan

Bandung, IDN Times - Institut Teknologi Bandung (ITB) bakal menggelar pemilihan rektor periode 2020-2025. ITB membuka kesempatan kepada putra putri terbaik bangsa untuk mencalonkan diri. 

Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) ITB Yani Panigoro menjelaskan, masa jabatan Rektor ITB, Kadarsah Suryadi, akan berakhir pada 20 Januari 2020. Berdasarkan statuta ITB sebagai PTNBH, rektor yang baru harus sudah terpilih tiga bulan sebelum masa jabatan rektor sebelumnya berakhir.

Pendaftaran calon rektor rencananya dibuka sejak 5 hingga 30 Agustus. Semua pihak, masyarakat dari elemen mana pun memiliki kesempatan untuk ikut serta dalam pemilihan rektor tersebut. 

"Per 5 Agustus kemarin kita sudah membuka pendaftaran, penutupannya 30 Agustus. Jadi dalam satu bulan ini silakan mendaftar," kata Yani dalam konferensi pers di Gedung Annex, Selasa (6/8).

Salah satu syarat yang harus dipenuhi peserta pilrek (Pemilihan rektor) ITB tersebut, cukup bertentangan dengan wacana pemerintah yang ingin mendatangkan rektor asing. Karena aturan tersebut belum jelas maka pihaknya memastikan rektor ITB periode berikutnya adalah warga negara Indonesia (WNI).

Kalau Oktober terpilih (rektor baru), harus kami mulai dari sekarang (pemilihannya), karena waktunya tidak terkejar. Isu (rektor asing) yang disebutkan tadi harus juga ada dasar aturannya," papar Yani.

Terlebih rektor yang baru hasil pilrek ini harus sudah terpilih pada Oktober atau tiga bulan sebelum masa jabatan rektor 2015-2020 berakhir. Sehingga pihaknya tidak bisa menunggu turunnya aturan baru atau membolehkan warga negara asing ikut serta dalam pilrek. 

1. Mencari sosok bertaraf internasional

ITB Pastikan Pakai Rektor Lokal untuk Periode Mendatangkemenag.go.id

Di luar polemik rektor asing, Yani menilai untuk menjadi pucuk pimpinan dalam sebuah perguruan tinggi tidak mempersoalkan apakah yang bersangkutan orang dalam negeri atau orang asing. Yang lebih penting adalah bagaimana sosok tersebut dan seberapa besar kapabilitas orang itu ketika diberikan mandat sebagai rektor.

ITB sendiri saat ini lebih mementingkan sosok yang memiliki visi dan misi bertaraf internasional, bukan rektor asing. Definisinya bisa dilihat dari semua sisi. Rektor internasional bisa saja WNI tapi tarafnya internasional," katanya. 

2. Seorang rektor harus dikenal jangan yang 'asing'

ITB Pastikan Pakai Rektor Lokal untuk Periode MendatangGo Muda

Sementara itu, Sekretaris Eksekutif MWA ITB Benhard Sitohang menyebut persoalan status warga negara semestinya tidak dipersoalkan terlalu jauh. Justru yang penting adalah bagaimana mencari sosok rektor 'asing', karena seorang rektor harusnya bisa dikenal bukannya asing di mata masyarakat dan akademisi

"Saya sendiri berpikir bahwa jangan rektor asing (tidak dikenal), cari rektor yang terkenal. Itu istilah saya saja ya. Rektor yang berkualifikasi internasional," ucapnya. 

3. Ini beberapa persyaratan lain yang harus dipenuhi calon rektor ITB

ITB Pastikan Pakai Rektor Lokal untuk Periode Mendatangditsti.itb.ac.id

Terkait dengan persyaratan lain untuk maju dalam pemilihan rektor ITB, Benhard memastikan setiap warga negara Indonesia berhak ikut serta dalam pemilihan rektor. Namun ada beberapa syarat yang tentunya harus dipenuhi. Mulai dari batasan usia maksimal 60 tahun hingga pendidikan minimal S3.

Selain itu, yang bersangkutan juga harus memberikan pernyataan setia kepada Pancasila dan NKRI menjadi syarat administrasi yang baru. Pihaknya sengaja mencantumkan hal itu sebagai bukti ITB menjunjung tinggi Pancasila dan NKRI. 

"Pada waktu kita melakukan pilrek (2015) memang tidak ada butir ini. Saat itu tidak secara eksplisit (disebutkan). Untuk kali ini dinyatakan eksplisit," katanya

4. Semua proses dilakukan secara transparan

ITB Pastikan Pakai Rektor Lokal untuk Periode Mendatangitb.ac.id

Setelah proses pendaftaran mulai 2 September akan dilakukan tahapan seleksi mulai dari tes kesehatan, psikologi dan lainnya. Pihaknya mengharapkan tahapan seleksi ini bisa selesai tepat waktu sehingga akhir November sudah didapat rektor ITB yang baru. 

Dia memastikan, proses pilrek ITB akan digelar secara transparan. Berbagai tahapan akan dibuat dengan terbuka dan bisa diawasi oleh semua pihak. Bagi para peserta yang ingin mendaftar bisa mengunduh formulir pendaftaran di web rektorkita.itb.ac.id. 

Baca Juga: Promosikan Ekowisata, IA ITB 80-Kemenpar Gelar Lomba Foto dan Video

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya