GBLA Dicat Biru, Yana Mulyana: Sekarang Jadi Home Base Persib

Persib jadi tuan rumah Grup C Piala Presiden 2022

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung bersama sejumlah elemen masyarakat termasuk para pendukung Persib melakukan bersih-bersih bersama di sekitar Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Jumat(10/6/2022). Kegiatan ini dilakukan jelang penggunaan Stadion GBLA untuk turnamen pramusim Piala Presiden Grup C, di mana Persib Bandung menjadi tuan rumah.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana melakukan simbolis pembersihan stadion GBLA dengan mengecat tembok yang awalnya berwarna hijau menjadi biru. Pengecetan tersebut sebagai simbolis bahwa stadion ini akan menjadi kandang Maung Bandung melakoni Liga Indonesia 2022/2023.

"Kan Persib sudah menyatakan bahwa ini (Stadion GBLA) jadi home base untuk Liga 1," kata Yana ditemui di stadion, Jumat (10/6/2022).

1. Perbaikan fasilitas akan dilakukan PT PBB

GBLA Dicat Biru, Yana Mulyana: Sekarang Jadi Home Base PersibIDN Times/Debbie Sutrisno

Terkait dengan sejumlah fasilitas yang masih rusak, Yana mengatakan bahwa itu akan menjadi tanggung jawab PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) selaku pihak yang nantinya bakal mengelola. Meski penyerahan stadion belum dilakukan secara resmi, tapi Yana menyebut bahwa PT PBB menjadi perusahaan terdepat bekerja sama dengan Pemkot Bandung untuk urusa Stadion GBLA.

"Makanya nanti tentu akan dilakukan oleh Persib sebagai pengelola tempat ini. Jadi ini sudah final Insya Allah," kata Yana.

2. Persib diharap bisa juara dengan penggunaan stadion GBLA

GBLA Dicat Biru, Yana Mulyana: Sekarang Jadi Home Base PersibIDN Times/Debbie Sutrisno

Dengan perbaikan ini, Yana pun berharap Persib Bandung bisa meraih juara pada kompetisi Liga Indonesia. Dari stadion ini pul bisa lahir prestasi terbaik dalam persepakbolaan nasional.

"Makanya kita berdoa bersama agar diberikan keberkahan untuk semua," kata dia.

3. Jatah tiket hanya untu 15.500 penonton

GBLA Dicat Biru, Yana Mulyana: Sekarang Jadi Home Base PersibIDN Times/Galih Persiana

Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyebut jatah tiket untuk pertanidngan Piala Presiden di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) hanya 15.500. Jumlah tersebut tidak lebih dari 50 persen kapasitas stadion yang mencapai 38.000 kursi.

"Pak menpora menyatakan meskipun Jawa-Bali sudah PPKM Level 1 semua, tapi jangan terlalu euforia. Apalagi tempat ini juga baru digunakan kembali," kata dia.

Yana mengatakan, para penonton nantinya hanya bisa berada di tribun bawah saja. Sementara tribun bagian atas dikosongkan selama Piala Presiden.

Penggunaan yang tidak mencapai 50 persen kapasitas ini juga sebagai antisipasi keamanan. Jangan sampai penyelenggaraan turnamen pramusim ini justru menimbulkan persoalan untuk Liga Indonesia.

"Mudah-mudahan Bonek dan Bobotoh ini aman karena relatif bersahabat. Tolong jaga kondusifitas karena itu butuh juga saat nontin. Kalau engga nanti ada sanksi kasihan dengan klub juga panpel (panitia penyelenggara) yah," kata dia.

Baca Juga: Piala Presiden, Jatah Penonton di Stadioan GBLA Hanya 15.500 Orang

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya