Ema Sumarna Belum Dapat Surat Resmi Terkait Pj Wali Kota Bandung

Nama Bambang Tirtoyuliono mencuat gantikan Yana Mulyana

Bandung, IDN Times - Pelaksana harian (Plh) yang juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna, sudah mendapat informasi mengenai nama Bambang Tirtoyuliono yang akan didapuk menjadi Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung menggantikan Yana Mulyana.

"Kami hanya sebatas (tahu informasi) dari WA (Whatsapp) yang tersebar. Kepastiannya belum tahu, jadi belum ada (informasi resmi)," kata Ema ditemui di Balai Kota Bandung, Jumat (15/9/2023).

Meski demikian, Ema menyebut sudah mengenal Bambang secara pribadi. Apalagi keduanya merupakan ASN yang ada hubungan kerja.

1. Bambang merupakan Kepala Dinas Bina Marga

Ema Sumarna Belum Dapat Surat Resmi Terkait Pj Wali Kota BandungDokumen Dinas Desa Pemprov Jabar

Dari informasi yang dihimpun IDN Times, Bambang Tirtoyuliono, MM merupakan Kepala Dinas Bina Marga & Tata Ruang Provinsi Jawa Barat. Sebelumya, dia menjabat sebagai Kepala Dinas ESDM.

Bambang Tirtoyuliono memiliki harta kekayaan Rp3.729.722.182 yang dalam daftar LHKPN KPK tercatat pada 31 Desember 2022. Setahun sebelumnya, Bambang melaporkan harta kekayaan sebesar Rp2.855.240.608. Harta Bambang ini terdiri dari kekayaan bumi dan bangunan, transportasi dan lainnya.

2. Ini enam penjabat bupati/wali kota di Jabar akan dilantik pada 20 September

Ema Sumarna Belum Dapat Surat Resmi Terkait Pj Wali Kota BandungPj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin akan melantik enam Penjabat (Pj) bupati/wali kota di Jawa Barat pada 20 September 2023. Dia memastikan sudah mendapat surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk enam pejabat tersebut.

"Saya baru mendapat surat dari Kemendagri tentang enam penjabat kepala daerah, yakni untuk tiga wali kota dan tiga bupati pada tanggal 20 September," kata Bey Machmudin di Makodam III Siliwangi dikutip dari ANTARA, Jumat (15/9/2023).

3. Nama tersebut sesuai usulan dari DPRD, Pemprov, dan Kemendagri

Ema Sumarna Belum Dapat Surat Resmi Terkait Pj Wali Kota Bandungdreamstime

Bey merinci keenam penjabat kepala daerah yang akan dilantik pada tanggal 20 September 2023 itu adalah penjabat Wali Kota Bekasi Gani Muhammad, Penjabat Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji dan Penjabat Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono.

Kemudian Penjabat Bupati Bandung Barat Arsan Latif, Penjabat Bupati Sumedang Herman Suryatman dan Penjabat Bupati Purwakarta Benny Irwan.

"Jadi enam penjabat baru yang akan dilantik pada 20 September. Ini adalah usulan, dari DPRD, dari Pemprov juga dari Kemendagri, jadi sistemnya seperti itu," ucapnya.

Baca Juga: Mendagri Resmi Lantik 9 Penjabat Gubernur, dari Bey Sampai Bahtiar

Baca Juga: Pj Wali Kota Bandung Dijabat Bambang Tirtoyuliono

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya