Comscore Tracker

Bank Indonesia Jawa Barat Gelar Lomba Jurnalistik Bertema UMKM

Yuk ikutan, hadiah uang tunai menanti kalian

Bandung, IDN Times - Bank Indonesia Jawa Barat menggelar kompetisi Penghargaan Jurnalistik Bank Indonesia (PJBI) Jawa Barat 2021. Isu utama yang diangkat dalam lomba kali ini adalah Perkembangan dan Inovasi UMKM Jawa Barat Menghadapi Persaingan Global yang Semakin Kompetitif.

Perlombaan ini diperuntukkan bagi para jurnalis media cetak, online, foto, dan video yang berdomisili di Jawa Barat. Kompetisi berlangsung selama Oktober hingga November 2021.

Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Barat Herawanto mengatakan, tema kali ini diambil untuk mengajak para jurnalis di Provinsi Jawa Barat dalam menyebarluaskan cerita baik dan inspiratif dari UMKM mitra.

"Kompetisi ini mengangkat tema besar UMKM Jabar Binangkit, yakni UMKM Bangkit, INovatif, Go Global, dan DigITalize," ujar Herawanto.

1. Terdapat lima subtema yang bisa dijadikan refensi pemberitaan

Bank Indonesia Jawa Barat Gelar Lomba Jurnalistik Bertema UMKMUMKM di Palembang. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Untuk menggambarkan tema tersebut, jurnalis bisa mengangkat UMKM mitra Bank Indonesia di wilayah Jawa Barat yang berhubungan dengan Inovasi UMKM di Tengah Pandemi, Green Economy UMKM, Digitalisasi dan Smart Integrated Farming, UMKM Go Global, dan UMKM Berbasis Pondok Pesantren.

Di masa pandemik COVID-19, UMKM memiliki peran penting dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Pengembangan UMKM juga perlu dikaitkan dengan upaya pengendalian inflasi sebagaimana arahan Bp Presiden dalam Rakornas TPIN.

"Melalui lomba jurnalistik BI Jabar, diharap bisa menggambarkan berbagai fakta yang ada di lapangan, membangun cerita yang baik dan inspiratif tentang kontribusi UMKM dalam meningkatkan perekonomian, termasuk upaya pengendalian inflasi.

2. Ada empat kategori dalam lomba kali ini

Bank Indonesia Jawa Barat Gelar Lomba Jurnalistik Bertema UMKMnews.koropak.co.id

Kompetisi akan terbagi dalam empat kategori yakni kategori ficer media cetak, kategori ficer media online, kategori foto story jurnalistik, dan kategori video. Karya yang dikirimkan harus dimuat rentang waktu 11 Oktober 2021 hingga 15 November 2021. Karya jurnalistik dikirimkan melalui email lombajurnalistikbijabar@gmail.com.

Hadiah yang disiapkan untuk para pemenang pun sangat menarik. Juara 1 untuk setiap kategori berhak mendapatkan uang tunai Rp7 juta, juara dua Rp5 juta, dan juara tiga Rp3 juta. Selain itu ada 20 karya favorit untuk kategori ficer cetak dan online, serta 20 favorit untuk kategori foto jurnalistik. Masing-masing juara favorit ini akan mengantungi uang Rp1 juta.

3. Dukungan jurnalis penting dalam pengembangan UMKM dan ekonomi Indonesia

Bank Indonesia Jawa Barat Gelar Lomba Jurnalistik Bertema UMKMUMKM Sagarayasa ubah limbah tekstil jadi fesyen bernilai tinggi. IDN Times/Debbie Sutrisno

Herawanto berharap kompetisi ini semakin memperkuat komitmen BI Jabar dalam pengembangan pelaku UMKM di Jawa Barat. Sebab, sektor ini menjadi krusial dalam pengembangan ekonomi Indonesia dari dulu sampai ke depannya.

"Semoga kegiatan ini mendukung jurnalis dalam menghasilkan karya jurnalistik terbaiknya," ujar Herawanto.

Untuk informasi lebih lengkap bisa mengunjungi akun Instagram @bi_jabar dan @fdwb.official.

Baca Juga: 10 Serial Televisi Bertema Jurnalistik, Seru Banget Lho!

Baca Juga: Bantu Digitalisasi UMKM, PIKKC ITB Gelar Webinar Goesmart 2021

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya