4 Seksi Tol Cisumdawu Ditargetkan Beroperasi Desember 2021

Wah Jabar Selatan makin maju nih

Bandung, IDN Times - Pihak konsorsium Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) menargetkan operasional tol tersebut bisa dibuka pada Desember 2021 ini.

Direktur Utama PT Jasa Sarana Hanif Mantiq mengatakan kesiapan pengoperasian tol ini dititikberatkan pada seksi 1,2,3 dan 6 Cisumdawu ditambah akses tol ke Bandara Kertajati.

“Kami berharap akhir Desember ini sudah full beroperasi ya, itu harapannya mudah-mudahan (bisa segera beroperasi),” katanya di Bandung, Jumat (26/11/2021).

Jasa Sarana yang tergabung dalam konsorsium PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) menggarap konsesi di seksi 2-6. Seksi 1 Cileunyi-Rancakalong, seksi 2 Tanjungsari-Sumedang dan sebagian seksi 3 Sumedang-Cimalaka menurutnya sudah memenuhi kesiapan di atas 90 persen.

Kemudian kesiapan tiga seksi ini ditambah Seksi VI Ujungjaya-Dawuan yang dibangun untuk menopang akses ke Bandara Kertajati dan terhubung dengan Tol Cikopo-Palimanan.

“Sudah siap dibuka, termasuk akses Tol Kertajati yang ditopang oleh seksi VI sudah selesai,” katanya.

1. Masih menunggu arahan dari BPJT

4 Seksi Tol Cisumdawu Ditargetkan Beroperasi Desember 2021ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/kye

Menurutnya kepastian pengoperasian sebagian seksi Cisumdawu tersebut menunggu arahan dari Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT). Di sisi lain, saat ini pihak CKJT terus mengebut pembebasan lahan dan pembangunan fisik di Seksi IV Cimalaka-Legok, Seksi V Legok-Ujungjaya.

“Porsi lahan di dua seksi ini sudah di atas 50 persen, mudah-mudahan bisa dikebut. Target kami April 2022 ini bisa dibuka,” katanya.

Kedua seksi tersebut saat ini tengah dikerjakan oleh PT Wijaya Karya dan PT Adhi Karya. Hanif mengatakan pembangunan dua seksi yang tersisa ini tidak menunggu keseluruhan lahan tuntas, karena fisik dibangun seiring dengan pembebasan lahan.

2. Cisumdawu Seksi 3 mengambil rute Bandung-Cirebon

4 Seksi Tol Cisumdawu Ditargetkan Beroperasi Desember 2021Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Sementara untuk Cisumdawu Seksi 3 rencananya akan dipakai sebagai lintasan ajang ITB Ultra Cycling 2021 yang akan mengambil rute Bandung-Cirebon. Menurutnya, acara yang diikuti oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil tersebut sudah diijinkan untuk dilintasi namun diharapkan karena tol tersebut tengah dalam persiapan laik fungsi kegiatan tersebut tidak mengganggu aset-aset yang dan fasilitas tol yang sudah terpasang.

“Ini event terakhir yang diberikan ijin melintas, setelah event tersebut tol akan ditutup untuk persiapan operasional,” katanya.

PT CKJT melakukan pembangunan pada seksi 3 sepanjang 4,05km, seksi 4 sepanjang 8,20km, seksi 5 sepanjang 14,9 km dan seksi 6 dengan panjang 6,07 km.

3. Swasta diajak kerja sama dalam pengembangan kawasan di Jabar

4 Seksi Tol Cisumdawu Ditargetkan Beroperasi Desember 2021Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir memastikan pemerintah akan berkolaborasi dengan pelaku usaha dalam pengembangan ekonomi Indonesia, khususnya di setiap daerah. Kerja sama ini penting agar pengembangan Indonesia tidak bergantung pada investasi asing.

"Di masa pandemik ini ekonomi akan tumbuh. Kita BUMN bisa berkolaborasi dengan swasta. Jadi jangan ingin jadi menara gading (berdiri sendiri), tapi kerja sama," ujar Erick Thohir dalam pengukuhan Pengurus DPP Apindo Jabar, di Hotel El Royal, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Kamis (18/11/2021). 

Menurutnya, kerja sama antara BUMN dan swasta harus saling menguntungkan. Kedua belah pihak juga jangan ada oknum yang korupsi. Begitupun swasta, tidak melakukan tindakan manipulasi atau tipu-tipu.

Di Jawa Barat, salah satu kawasan yang akan didorong pemerintah dalam pengembangannya adalah daerah Rebana yang di dalamnya ada Pelabuhan Patimban hingga Bandara Kertajati. Erick mengaku mendukung penuh kahadiran investasi di kawasan Aero City dan Segitiga Rebana. Tidak hanya investasi dari luar negeri, tetapi juga pemerintah.

"Kemarin saya ketemu Ridwan Kamil mengenai Aero City untuk jadi investasi baru, kita bicara Subang Industrial Estate, seperti yang di Batang sudah sangat sukses, di Batang itu tahap 1, 400 hektare sudah habis di investasi," ungkapnya.

Baca Juga: Tol Cisumdawu Berlanjut, BIJB Bangun Proyek Hotel dan Kampung Kargo

Baca Juga: Target Awal 2022 Selesai, Tiga Menteri Kunjungi Proyek Tol Cisumdawu

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya