4.194 Calon Mahasiswa Unpad Diterima Melalui Seleksi Mandiri 

Ada nama kalian? 

Bandung, IDN Times - Pengumuman kelulusan Seleksi Mandiri Program Sarjana Universitas Padjadjaran tahun 2024 dibuka pada Selasa (9/7/2024). Pengumuman kelulusan dapat dilihat dengan mengakses laman https://admission.unpad.ac.id/.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Arief S. Kartasasmita menjelaskan, pada tahun ini, Unpad menerima 4.194 peserta dari Seleksi Mandiri. Dari sejumlah skema yang dibuka, di antaranya diterima pada jalur mandiri reguler atau berbasiskan ujian.

"Jalur mandiri reguler memiliki persyaratan yang paling umum, sehingga banyak peserta yang mendaftar melalui skema ujian SMUP. Pelaksanaan ujian SMUP sendiri diikuti oleh 1.239 peserta," kata dia, Rabu (10/7/2024).

1. Siapkan calon pengganti ketika ada peserta tak daftar ulang

4.194 Calon Mahasiswa Unpad Diterima Melalui Seleksi Mandiri Generasi Melek Politik Ajak Mahasiswa Unpad Bahas Atasi Kemacetan (IDN Times/Istimewa)

Pada tahun ini pula Unpad memiliki tiga kategori kelulusan, yaitu lulus, tidak lulus, dan calon pengganti terdaftar (CPT). Arief menyebut bahwa CPT merupakan kategori yang menetapkan peserta seleksi mandiri yang secara akademik tidak lulus, tetapi memiliki kualitas yang baik di bawah mereka yang lulus. Dengan demikian, peserta yang masuk kategori CPT bisa menjadi penganti untuk calon mahasiswa yang lulus tetapi tidak melakukan registrasi ulang.

“Hal ini dilakukan agar bisa lebih memberikan kesempatan pada masyarakat untuk masuk Unpad, apabila ada kursi tersisa tanpa mengurangi kualitas,” kata Arief.

2. Tak ada pemanggilan CPT di luar laman kampus

4.194 Calon Mahasiswa Unpad Diterima Melalui Seleksi Mandiri SMUP Unpad (smup.unpad.ac.id)

Untuk itu, bagi peserta yang dinyatakan lulus, harus melakukan konfirmasi registrasi sesuai periode tanggal pengumuman kelulusannya dengan melakukan pembayaran sesuai tagihan yang ditetapkan. Peserta lulus yang tidak melakukan konfirmasi registrasi dalam rentang waktu yang telah disediakan, otomatis dinyatakan mengundurkan diri.

Peserta yang dinyatakan mengundurkan diri selanjutnya diisi oleh peserta dari kategori Calon Pengganti Terdaftar. Peserta CPT yang kemudian dinyatakan “lulus” wajib melakukan konfirmasi registrasi dalam rentang waktu yang telah ditentukan melalui laman https://admission.unpad.ac.id/.

“Proses pemanggilan bertahap akan dilakukan sampai kuota daya tampung prodi terpenuhi dan atau sampai dengan masa seleksi mandiri berakhir,” kata Prof. Arief.

Arief mengingatkan, bagi peserta, khususnya peserta yang masuk kategori CPT, wajib membaca pemberitahuan secara teliti dan hanya berkomunikasi dengan laman Unpad resmi.

“Tidak ada pemanggilan CPT di luar yang dilakukan melalui laman pengumuman resmi,” ujarnya.

3. Jangan percaya orang yang bisa luluskan masuk Unpad

4.194 Calon Mahasiswa Unpad Diterima Melalui Seleksi Mandiri IDN Times/Istimewa

Kepala Kantor SMUP Ir. Anas, PhD, menjelaskan, pemanggilan peserta CPT dilakukan selama beberapa periode sampai periode pemanggilan selesai dilakukan. Ada tiga periode tunggu pemanggilan peserta CPT. Setiap periode pemanggilan berkisar selama tiga hari.

“Registrasi dari yang sudah kita panggil lulus itu akan ada beberapa peserta yang tidak registrasi. Peserta CPT yang memiliki nilai di atas bisa masuk, yang selanjutnya masuk ke periode kedua atau ketiga jika masih ada yang tidak konfirmasi (registrasi),” ujarnya.

Pemanggilan peserta akan dilakukan dalam dua cara, yaitu melalui pengumuman di laman Admission Unpad serta melalui pesan singkat yang dikirim langsung ke nomor WhatsApp peserta.

“Bagi peserta CPT yang mendapat pemanggilan, silakan penuhi secara cepat karena waktunya pendek. Dan jangan percaya isu lain yang bisa membantu meluluskan ke Unpad,” paparnya.

Baca Juga: Generasi Melek Politik Ajak Mahasiswa Unpad Bahas Isu Kemacetan

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya