3 Pekan Jelang Lebaran, 74 Ribu Tiket Kereta dari Bandung Ludes Dibeli

Mudik kali ini dilengkapi aturan baru

Bandung, IDN Times - Sebanyak 74 ribu tiket kereta api angkutan lebaran dari PT KAI Daerah Operasional (Daop) 2 ludes terjual untuk keberangkatan 22 April hingga 13 Mei 2022. Angka ini didominasi perjalanan mudik sebanyak 41.700 atau 56 persen dari ketersediaan tiket mudik yang siapkan.

Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung Kuswardoyo mengatakan, selama masa mudik lebaran, lembaganya menyiapkan 11.000 tiket per hari. Sedangkan jumlah perjalanan kereta api yang disiapkan mencapai 21 rute setiap harinya.

“Masa angkutan lebaran kali ini, Daop 2 menjalankan satu kereta tambahan lebaran yaitu KA Pasundan lebaran dari Stasiun Kiaracondong ke Surabaya Gubeng,” kata Kuswardoyo pada keterangan resminya, Senin (11/4/2022).

1. Lonjakan penumpang pada H-3

3 Pekan Jelang Lebaran, 74 Ribu Tiket Kereta dari Bandung Ludes DibeliIDN Times / Istimewah

Ia memperkirakan lonjakan pemudik akan terjadi di Stasiun Bandung mulai 4 hari sebelum dan sehari setelah lebaran. Tanggal favorit keberangkatan dari Daop 2 adalah pada 28, 29, 30 April dan 1 Mei 2022. Dari data yang ada, keberangkatan menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur untuk tanggal keberangkatan 29 dan 30 April 2022 sudah habis terjual.

Sebelumnya, PT KAI mulai menjual tiket lebaran sejak 45 hari sebelum lebaran. Hal itu dilakukan sebagai antisipasi terjadinya lonjakan pembeli tiket dan memecah waktu keberangkatan.

“Kami mengingatkan kembali kepada calon pengguna jasa KA, bahwa penjualan tiket pada masa angleb (angkutan lebaran) H-45 ditujukan agar pengguna jasa bisa lebih teliti untuk mempersiapkan diri dalam memilih tanggal perjalanannya dan tidak terfokus pada tanggal tertentu,” terangnya.

2. Ada syarat untuk mereka yang ingin bepergian

3 Pekan Jelang Lebaran, 74 Ribu Tiket Kereta dari Bandung Ludes DibeliIlustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Sesuai dengan instruksi yang tertuang dalam Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nomor 39 Tahun 2022 mengenai aturan perjalanan terbaru, KAI sudah menerapkannya sejak Selasa lalu (5/4/2022). Salah satu yang diatur ialah bebas syarat antigen dan PCR bagi perlaku perjalanan KA yang sudah menerima vaksin booster.

“Sementara yang lengkap atau dua kali vaksin tetap harus menyertakan bukti antigen atau PCR, sementara yang satu kali harus menyertakan bukti PCR,” ungkapnya. Aturan ini hanya berlaku bagi orang dewasa dan berusia di atas 6 tahun.

3. Masyarakat harus ikut serta mencegah penyebaran COVID-19

3 Pekan Jelang Lebaran, 74 Ribu Tiket Kereta dari Bandung Ludes DibeliDetail botol berisi vaksin COVID-19 Moderna. (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Letjen TNI Suharyanto mengatakan, SE terbaru ini berfungsi untuk menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo, bahwa masyarakat yang sudah booster boleh mudik.

Aturan tersebut sebagai bentuk kepercayaan pemerintah terhadap masyarakat, yang dinilai sudah taat dan patuh menjalankan protokol kesehatan.

“Pemerintah berharap melalui SE ini, masyarakat dapat berperan lebih dalam mencegah penularan COVID-19, terutama saat melakukan tradisi mudik Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah. Kami mohon kepada masyarakat agar dapat menjaga kepercayaan ini dengan bersikap jujur, mematuhi peraturan yang ada, karena berani jujur itu sehat," tutur Suharyanto melalui keterangan pers tertulis, dikutip dari laman Kominfo, Senin (4/3/2022).

Baca Juga: 7 Aksesoris Mobil Mudik, Biar Mudik Jadi Nyaman

Baca Juga: 5 Mobil Toyota Ini Cocok Banget Buat Mudik Bareng Keluarga

Baca Juga: Daftar Tarif Tol Semarang-Surabaya untuk Mudik Lebaran 2022

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya