15.280 KK Dapat BLT BBM dari Pemkot Bandung

Masih banyak warga miskin tidak terbantu

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung membagikan bantuan langsung tunai (BLT) dampak kenaikan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Total ada 15.280 kepala keluarga (KK) yang mendapat bantuan ini.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang dikeluarkan Kementerian Sosial, ada sekitar 115 ribu keluarga penerima manfaat (KPM) yang dianggap berhak mendapatka BLT. Namun, Kemensos hanya bisa memberikan bantuan kepada 98 ribu KK.

"Nah dari kekurangan itu setelah ada kesepakatan dengan DPRD Kota Bandung kami anggarakan untuk 15 ribu KK," kata Yana, dalam penyerahan bantuan di Kantor Pos Bandung, Selasa (29/11/2022).

1. Disalurkan maksimal dalam tiga hari kerja

15.280 KK Dapat BLT BBM dari Pemkot BandungIDN Times/Debbie Sutrisno

Total anggaran yang dikeluarkan Pemkot Bandung untuk bantuan ini mencapai Rp7 miliar. Pemberian pada warga penerima manfaat nantinya bisa dilakukan langsung di Kantor Pos, melalui komunitas, atau diberikan langsung di tempat tinggal.

Uang yang didapat setiap penerima pun sama dengan yang diberikan pemerintah pusat, yaitu Rp150 ribu per bulan. Uang itu diterima mereka mulai dari Oktober sampai Desember 2023 dan dibayarkan sekaligus Rp450 ribu.

"Kami harap 15 ribu KK ini bisa dapat bantuan maksimal tiga hari kerja dari sekarang sudah bisa mendapat haknya," papar Yana.

2. Ada kriteria khusus untuk warga bisa jadi penerima manfaat

15.280 KK Dapat BLT BBM dari Pemkot BandungIDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung Sony Bachtiar mengatakan, dari total penerima manfaat ada 15 ribu KK yang hanya menerima BLT BBM. Sementara itu ada 280 orang yang mendapatkan BLT serta bantuan pangan dan alat bantu khususnya bagi penyandang disabilitas.

Mereka yang mendapatkan bantuan kali ini dianggap kurang mampu dibandingkan dengan KPM lainnya di Bandung. Untuk sementara Pemkot Bandung hanya menyediakan anggaran yang ditujukan pada 15.280 orang hingga akhir tahun ini.

"Kekuatan anggaran kita baru ini. Penerima manfaat itu yang secara ekonomi memenuhi lima aspek, sembilan kriteria, dan berada di rangking atas (wajib dibantu)," kata Sony.

3. Warga senang dengan adanya bantuan ini

15.280 KK Dapat BLT BBM dari Pemkot BandungIDN Times/Debbie Sutrisno

Salah satu penerima BLT BBM Pemkot Bandung, Lina, sangat bersyukur dengan adanya bantuan tersebut. Selama pandemik COVID-19 dia hanya menerima bantuan dari pemerintah pada 2020. Setelahnya tidak ada bantuan sama sekali untuk keluarganya.

"Dulu saja dapat (2020), setelah itu tidak ada lagi. Ini saja 2022 baru sekarang dapat bantuan," kata Lina.

Dia pun tidak tahu kenapa tak pernah mendapat bantuan lagi dari pemerintah selama pandemik COVID-19. Padahal keluarganya sangat membutuhkan uluran tangan dari pemerintah apapun bentuknya.

"Ya senang pokoknya. Dulu dapat, terus gak dapat, sekarang dapat lagi," ungkap Lina.

Baca Juga: Rp8,9 M BLT BBM Cair untuk Pengemudi Angkutan di Surabaya

Baca Juga: Gubernur: Polisi Tindak Pencopot Label Bantuan Gereja Gempa Cianjur

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya