Seluruh Puskesmas di Kota Cimahi Siaga 24 Jam di Masa Pencoblosan

Tenaga kesehatan bekerja shift

Cimahi, IDN Times - Seluruh Puskesmas di Kota Cimahi, Jawa Barat bakal disiagakan selama 24 jam saat Pemilu 2024. Kebijakan itu dilakukan Pemkot Cimahi sebagai bentuk antisipasi kesehatan para petugas dan panitia Pemilu.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Mulyati mengatakan ada 13 Puskesmas yang tersebar di tiga kecamatan di Kota Cimahi yang akan dibuka 24 jam mulai H-1 hingga H+5 pencoblosan Pemilu 2024 yang akan berlangsung serentak pada 14 Februari.

"Kalau kami H-1 sampai H+5 Puskesmas buka 24 jam. Jadi untuk panitia penyelenggara, Puskesmas kami buka 24 jam termasuk 13 Puskesmas," kata Mulyati saat dikonfirmasi pada Senin (12/2/2024).

1. Dinas Kesehatan Kota Cimahi gandeng klinik

Seluruh Puskesmas di Kota Cimahi Siaga 24 Jam di Masa Pencoblosan(Bangkit Rizki/IDN Times)

Selain Puskesmas, kata Mulyati, pihaknya juga akan menggandeng sejumlah klinik di Kota Cimahi untuk siap siaga menghadapi hari pencoblosan Pemilu 2024. Pihaknya akan mengadakan rapat dengan sejumlah klinik yang rencananya akan dibidik.

"Kemudian kami juga melibatkan beberapa klinik juga untuk berperan dalam penyelenggaraan Pemilu untuk memberikan pelayanan kesehatan," ujarnya.

2. Petugas Puskesmas akan dilibatkan

Seluruh Puskesmas di Kota Cimahi Siaga 24 Jam di Masa Pencoblosan(Bangkit Rizki/IDN Times)

Mulyati mengatakan, semua tenaga kesehatan di 13 Puskesmas di Kota Cimahi akan dilibatkan untuk mendukung pelayanan kesehatan bagi penyelenggara Pemilu 2024. Baik Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pemungutan Suara (PPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Linmas dan penyelenggara Pemilu lainnta.

Nantinya, kata dia, petugas kesehatan akan dibagi ke dalam beberapa shift. Selain siaga di Puskesmas, petugasnya juga akan jemput bola dengan terjun langsung ke TPS untuk meminimalisir terjadinya petugas yang sakit atau kelelahan.

"Kalau tenaga kesehatan disesuaikan dengan jadwal oleh kepala Puskesmas. Jadi kami menggunakan sistem shift, ada yang jaga pagi, sore, malam mulai besok," ucap dia.

3. KPU Kota Cimahi pastikan sudah koordinasi

Seluruh Puskesmas di Kota Cimahi Siaga 24 Jam di Masa Pencoblosan(Bangkit Rizki/IDN Times)

Koordinator Divisi Perencanaan Data dan Informasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi, Jayadi Rachmat mengatakan pihaknya memang sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Cimahi untuk menyiagakan petugas kesehatan pada Pemilu 2024.

"Petugas kesehatan ada sudah disiapkan, sudah koordinasi dengan Dinkes untuk pemilihan," kata Jayadi.

Baca Juga: 6 TPS di Kota Cimahi dan KBB Rawan Bencana Alam

Baca Juga: Pemkot Cimahi Petakan TPS Rawan Banjir saat Pencoblosan Pemilu 2024 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya