Cuaca Ancam Partisipasi Memilih di KBB, Pj Bupati: Jangan Golput

Pj Bupati KBB ingatkan warga salurkan hak pilihnya

Bandung Barat, IDN Times - Penjabat (Pj) Bupati Bandung Barat, Arsan Latif mengingatkan masyarakat untuk memberikan hak pilihnya pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, nanti. Ia meminta masyarakat tidak golongan putih (golput) dan tetap berbondong-bondong ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk menyalurkan hak suaranya pada 14 Februari 2024, mendatang.

"Kita berharap pemilu berjalan sesuai dengan jadwal karena pemilu dibuka jam 7 pagi pada tanggal 14 Februari 2024," kata Arsan saat ditemui, Minggu (11/2/2024).

1. Pemkab bakal membantu sosialisasikan Pemilu 2024

Cuaca Ancam Partisipasi Memilih di KBB, Pj Bupati: Jangan Golput(Bangkit Rizki/IDN Times)

Dirinya berharap partisipasi memilih di Bandung Barat tetap tinggi meskipun Pemilu 2024 ini ditengah ancaman cuaca ekstrem. Dalam tiga hari terakhir ini Pemkab Bandung Barat bakal terus mengimbau masyarakat Kabupaten Bandung Barat untuk datang ke TPS.

"Ayo datang cepat gitu kan karena waktunya singkat walaupun datang kalau sampai terlambat terus kehilangan hak pilih. Kami menghimbau untuk segera datang lebih awal di TPS," ujar dia.

2. Pj Bupati intruksikan kewilayahaan petakan daerah rawan bencana alam

Cuaca Ancam Partisipasi Memilih di KBB, Pj Bupati: Jangan Golput(Bangkit Rizki/IDN Times)

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya pun telah menginstruksikan aparat kewilayahan untuk menginventarisir wilayah di Kabupaten Bandung Barat yang berpotensi terjadi bencana alam.

"Saya sudah minta pihak kecamatan untuk mendeteksi kira-kira wilayah yang berpotensi gempa atau longsor. Antisipasi itu dilakukan agar pada saat pelaksanaan pemilu berjalan lancar," katanya.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) KBB Rifqi Ahmad Sulaeman mengaku khawatir partisipasi masyarakat dalam menyalurkan hak pilihnya di Pemilu 2024 akan menurun karena musim penghujan. KPU menargetkan tingkat partisipasi di KBB menyamai Pemilu 2019.

"Ya, kami memang ada kekhawatiran (musim hujan dan ancaman bencana) berpengaruh terhadap partisipasi masyarakat," kata Ketua KPU KBB Rifqi Ahmad Sulaeman.

3. Partisipasi pemilih di KBB ditargetkan samai capaian Pemilu 2024

Cuaca Ancam Partisipasi Memilih di KBB, Pj Bupati: Jangan Golput(Bangkit Rizki/IDN Times)

Rifqi mengatakan, target partisipasi pemilih di KBB pada Pemilu 2024 minimal bisa menyamai perolehan saat Pemilu 2019 yakni 86 persen. Daftar pemilih tetap (DPT) di KBB pada Pemilu 2024 sendiri mencapai 1.317.866 orang yang tersebar di 5.088 TPS.

"Target di angka 86 persen, minimal mempertahankan. Meskipun saya sering menyampaikan partisipasi masyarakat harus meningkat dibandingkan 2019, mudah-mudahan sampai 90 persen meskipun cukup berat," ujar Rifqi.

Rifqi berharap partisipasi masyarakat dalam menyalurkan hak pilihnya pada 14 Februari 2024 tetap tinggi meskipun nantinya terjadi hujan saat pemilihan. KPU menekankan kepada masyarakat bahwa Pemilu merupakan momentum penting yang digelar lima tahun sekali.

"Mudah-mudahan masyarakat Kabupaten Bandung Barat meskipun hujan bisa tetap datang ke TPS. Kami sering mengumumkan bahwa Pemilu ini kesempatan lima tahun sekali dan bisa dimanfaatkan oleh warga Bandung Barat meksipun dalam kondisi hujan," ujar dia.

Baca Juga: 6 TPS di Kota Cimahi dan KBB Rawan Bencana Alam

Baca Juga: 19.743 Pemilih Pemula di KBB Terancam Tak Punya e-KTP saat Pemilu 2024

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya