5 Pasangan Calon Pilkada KBB Dinyatakan Sehat

RSHS Bandung serahkan hasil pemeriksaan kepada KPU KBB

Bandung Barat, IDNTimes - Hasil pemeriksaan kesehatan lima pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB) dari Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung pada Rabu (4/9/2024).

Seperti diketahui kelima pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat untuk Pilkada 2024 sudah menjalani pemeriksaan kesehatan di RSHS Bandung. Mereka adalah Didik Agus Triwiyono-Gilang Dirga, Sundaya-Aa Maulana, Ritchi Ismail-Asep Ismail, Edy Rusyandi-Unjang Asari dan Hengky Kurniawan-Ade Sudrajat.

"Dari hasil yang sudah diperiksa baik rohani dan jasmani itu dinyatakan atau diberikan status sehat semuanya," kata Ketua KPU KBB, Ripqi Ahmad Sulaeman, Rabu (4/9/2024).

1. Hasilnya akan diplenokan

5 Pasangan Calon Pilkada KBB Dinyatakan SehatIlustrasi pemimpin (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Dia mengatakan, hasil pemeriksaan kesehatan yang merupakan salah satu syarat peserta Pilkada 2024 akan diumumkan melalui rapat pleno yang diagendakan pada Kamis (5/9/2024).

Ripqi menegaskan hasil dari tahapan pemeriksaan kesehatan yang dijalani para kandidat merupakan akumulasi dari pemeriksaan kesehatan, jasmani dan tes narkoba. "Iya lulus tes kesehatan ini kan akumulasi dari semua poin pemeriksaan. Dipastikan juga kelimanya terhindar dari penyalahgunaan narkoba," jelasnya.

2. Aa Maulana dinyatakan lolos

5 Pasangan Calon Pilkada KBB Dinyatakan Sehatilustrasi pilkada (IDN Times/Esti Suryani)

Di antara para bakal calon Bupati dan Wakil Bupati KBB terdapat kontestan yang paling tua yakni Aa Maulana yang maju dari jalur independen bersama kader Partai Gerindra, Sundaya. Ripqi mengatakan mekskipun masuk kategori lansia, namun kondisi Aa Maulana cukup baik dan dinyatakan sehat.

"(Aa Maulana) Lolos juga. Kemudian indikatornya terhindar dari penggunaan narkoba dan dianggap tidak memiliki penyakit bawaan yang berpengaruh kedepannya. Kalau dokter menyatakan tidak memenuhi syarat berarti tidak lolos" jelas Ripqi.

3. KPU KBB sedang verifikasi persyaratan

5 Pasangan Calon Pilkada KBB Dinyatakan SehatIlustrasi pemimpin (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Selain tes kesehatan, menurutnya persyaratan administrasi kelima kandidat sudah dinyatakan lolos verifikasi administrasi. Saat ini KPU KBB tengah melakukan verifikasi faktual untuk memastikan keaktualan dokumen. Tahapan ini berlangsung sampai tanggal 14 September 2024.

"Memang setelah pemeriksaan kesehatan syarat administrasi lainnya sudah clear. Kita hanya tinggal memastikan. Contoh seperti ke lima bakal pasangan calon ini kuliah dimana? Nah itu kita nanti verifikasi faktual. Secara administrasi misalnya kuliah di Jakarta ya kita langsung datang ke kampus tersebut memastikan yang bersangkutan lulus di sana," kata Ripqi.

Hasil verifikasi administrasi nantinya akan disampaikan kepada para kandidat pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat. "Nanti kita akan sampaikan pemberitahuan ke para bakal calon berkaitan temuan administrasi. Pasca pemberitahuan dan pengumuman itu tahapan selanjutnya adalah tanggapan masyarakat. Bagi yang mengetahui terkait apapun itu," kata dia.

Baca Juga: Disbub KBB Larang Pasang APK Pilkada di Angkutan Umum

Baca Juga: Beda Jalan dengan Raffi Ahmad di Pilbup KBB, Hengky: Politik Secukupnya, Sahabat Selamanya

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya