Comscore Tracker

Waduh! Kantor Kementerian di Lembang Jadi Klaster COVID Baru di KBB

Tercatat ada 11 orang positif dari klaster perkantoran BIB

Bandung Barat, IDN Times - Kasus COVID-19 di Kabupaten Bandung Barat (KBB) kembali mengalami lonjakan. Sebanyak 11 orang dinyatakan positif terpapar COVID-19 dari klaster perkantoran.

Dari hasil penelusuran Dinas Kesehatan (Dinkes) Bandung Barat, belasan warga itu masuk dalam klaster perkantoran Balai Inseminasi Buatan (BIB) di bawah Kementerian Pertanian RI.

1. Kasus bermula dari satu pegawai BIB terpapar dari suaminya

Waduh! Kantor Kementerian di Lembang Jadi Klaster COVID Baru di KBBIlustrasi swab test. (IDN Times/Bagus F)

Kepala Dinkes KBB, Hernawan Widjajanto mengatakan, klaster perkantoran itu bermula dari satu pegawai BIB yang terpapar COVID-19. Satu pegawai BIB itu terpapar dari sang suami yang sebelumnya dinyatakan positif COVID-19.

"Kasus pertama bermula dari seorang yang kerjanya bolak balik Lembang-Bandung akhirnya terkonfirmasi positif. Kemudian menular ke istrinya (pegawai BIB) yang akhirnya positif. Nah istrinya ini kontak erat dengan (pegawai BIB) yang lain," ungkap Hernawan saat dihubungi, Rabu (7/10/2020).

2. Baru 11 orang ditemukan positif

Waduh! Kantor Kementerian di Lembang Jadi Klaster COVID Baru di KBBIlustrasi swab test. IDN Times/Bagus F

Dari kasus itulah, mulai menular hingga membentuk kasus klaster perkantoran BIB. Dari satu kasus itu, BIB menggelar tes usap atau swab test kepada para pegawainya. Hasil swab sementara menunjukan adanya belasan pegawai yang terkonfirmasi positif COVID-19.

"Betul, (kasus) itu menjadi klaster perkantoran di BIB. Sekitar 11 orang yang terkonfirmasi positif, tapi jumlahnya masih bosa bertambah," terang Hernawan.

3. Dinkes kejar kontak erat

Waduh! Kantor Kementerian di Lembang Jadi Klaster COVID Baru di KBBhttps://honestmum

Saat ini, Dinkes KBB masih melakukan tracing kontak erat dari orang-orang di BIB yang positif COVID-19. Dari kontak erat yang ditemukan, nantinya bakal dijadwalkan untuk mengikuti tes usap.

"Kita langsung tracing kontak eratnya, ada sekitar 40 sampai 50 orang. Mereka akan dijadwalkan menjalani swab test biar kita tahu bagaimana penyebaran COVID-19 ke kontak eratnya," kata Hernawan.

4. Mayoritas positif tanpa gejala

Waduh! Kantor Kementerian di Lembang Jadi Klaster COVID Baru di KBBIlustrasi (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Saat ini belasan orang terkonfirmasi positif COVID-19 itu akan menjalani isolasi di RSUD Lembang dan BPSDM Provinsi Jawa Barat. Dari pemeriksaan, mayoritas pegawai yang terpapar tidak mengalami gejala klinis sehingga masuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG).

"Sebagian sudah dievakuasi ke rumah sakit dan ada sebagian lagi yang mau dievakuasi ke BPSDM. Tapi semuanya sehat karena tidak ada gejala sama sekali," tandasnya.

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

Baca Juga: [BREAKING] Zona Merah, Pemkot Bandung Yakin Penyebaran COVID-19 Masih Terkendali

Baca Juga: [BREAKING] Masuk Zona Merah, Pemkot Bandung Perpanjang Kebijakan AKB Diperketat

Baca Juga: Protes! Bupati Aa Umbara Mencak-mencak KBB Disebut Masuk Zona Merah

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya