Comscore Tracker

Usai Pesta Miras, Pemuda Bandung Barat Keroyok Pria Tua Sampai Tewas

Gerombolan pemuda mabuk tak terima ditegur warga

Bandung Barat, IDN Times - Entah setan apa yang merasuki para pemuda sampai tega menghabisi nyawa seorang pria tua. Deddy Arjana (69 tahun), tewas di tangan para pemuda di pelataran parkir Giant, Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat (KBB), 19 Juli 2021.

Dari kasus pengeroyokan tersebut, polisi mengamankan tiga orang pelaku yakni Guntur Novansa alias Utuy (21), Haris Budiman (21), dan seorang anak muda berusia 16 tahun.

1. Bermula dari pesta miras yang bikin gaduh

Usai Pesta Miras, Pemuda Bandung Barat Keroyok Pria Tua Sampai TewasIDN Times/Bagus F

Peristiwa pengeroyokan itu bermula saat segerombolan pemuda tengah menggelar pesta miras di lapangan parkir Giant, Kota Baru Parahyangan di tengah PPKM Darurat. Pesta miras itu sengaja digelar pada 19 Juli 2021 sekitar pukul 03.00 WIB dini hari untuk menghindar dari pengawasan petugas.

Bukan hanya minum-minuman keras, gerombolan pemuda ini juga membuat kegaduhan dengan cara mengaktifkan pengeras suara dengan kencang. Sontak, warga di sekitar lokasi tersebut merasa terganggu.

"Kemudian korban berumur 69 tahun merasa terganggu dengan musik begitu keras yang berasal dari lapangan parkir dari mobil yang digunakan anak-anak muda sambil pesta miras," ungkap Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Cimahi, AKP Yohannes Redhoi Sigiro, Selasa (27/7/2021).

2. Pengeroyokan tak terhindarkan

Usai Pesta Miras, Pemuda Bandung Barat Keroyok Pria Tua Sampai TewasIlustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Korban yang merasa terganggu pun akhirnya mendatangi gerombolan para pemabuk itu dengan niat untuk mengingatkan. Bukannya membubarkan diri, gerombolan pemabuk itu malah menyerang korban.

Para pemuda yang tengah dalam pengaruh alkohol tersebut tak terima atas teguran dari korban. Ketersinggungan itu berubah menjadi emosi hingga penyerangan terhadap korban.

"Mereka merasa tersinggung setelah korban mengingatkan. Awalnya pelaku bernama Haris Budiman (23) memukul wajah lalu menyeruduk korban hingga terjatuh. Hingga korban mengalami benturan di bagian kepala belakang," ujar Redhoi.

3. Korban alami luka benturan di kepala bagian belakang

Usai Pesta Miras, Pemuda Bandung Barat Keroyok Pria Tua Sampai TewasIlustrasi Pembunuhan (IDN Times/ Mardya Shakti)

Saat korban tersungkur, pemabuk lain ikut menyerang korban. Pengeroyokan brutal pada pria tua itu pun tak terhindarkan.

Aksi pengeroyokan brutal itu juga terekam kamera CCTV Giant. Satu per satu kepalan dan tendangan para pemabuk menghujani korban hingga tak berdaya.

"Korban mengalami luka benturan pada kepala bagian belakang. Setelah itu pelaku langsung kabur. Korban meninggal di rumah sakit," kata Redhoi.

4. Ancaman hukuman 12 tahun penjara

Usai Pesta Miras, Pemuda Bandung Barat Keroyok Pria Tua Sampai TewasIlustrasi penjara (IDN Times/Mia Amalia)

Setelah mendapat laporan adanya penganiayaan yang menyebabkan korban meninggal, jajaran Satreskrim Polres Cimahi langsung melakukan penyelidikan dan pengejaran terhadap para terduga pelaku.

Para pelaku pun berhasil diamankan dalam waktu 24 jam. Ada tiga yang kini sudah ditetapkan sebagai tersangka yakni Guntur Novansa alias Utuy (21), Haris Budiman (21) dan MAPP (16).

"Para pelaku dikenakan Pasal 170 ayat 2 dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara," kata dia.

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya