Tunggu Restu Kepala Daerah, 626 SMA di Jabar Siap Tatap Muka

626 berada di zona aman penyebaran COVID-19

Bandung Barat, IDN Times - COVID-19 masih menghantui sektor pendidikan untuk melakukan kegiatan belajar tatap muka. Kebijakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau sekolah online pun dipilih untuk menghindari klaster pendidikan.

Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat memverifikasi sebanyak 626 sekolah tingkat SMA siap menjalankan sekolah tatap muka. Jumlah itu dilihat dari lokasi sekolah yang berada di zona aman penyebaran COVID-19.

1. 2.870 sekolah yang mengajukan tatap muka

Tunggu Restu Kepala Daerah, 626 SMA di Jabar Siap Tatap MukaIlustrasi sekolah tatap muka. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Kadisdik Jabar, Dedi Supandi mengatakan, sebanyak 2.870 sekolah tingkat SMA sudah mengajukan untuk sekolah tatap muka. Namun, Disdik harus tetap menyeleksi sekolah yang boleh dan belum boleh menggelar pembelajaran tatap muka.

"Ada 2.870-an sekolah yang mengajukan tatap muka. Kita cek dengan Kominfo dari jumlah itu hanya 626 sekolah yang ideal mengadakan tatap muka," kata Dedi di Lembang, Jumat (12/2/2021).

2. Menunggu restu Satgas COVID-19 daerah

Tunggu Restu Kepala Daerah, 626 SMA di Jabar Siap Tatap MukaGubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meninjau persiapan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka di SMA Negeri 4 Kota Sukabumi (8/7/2020). (IDN Times/ Dok. Humas Jabar)

Meskipun 626 sekolah sudah dinyatakan siap menjalankan pembelajaran tatap muka, sekolah juga wajib mendapat restu dari Satuan Tugas COVID-19 daerah masing-masing. Satgas COVID-19 akan mempertimbangkan dari aspek keamanan dari penularan virus corona.

"Jadi kami di Disdik hanya menyediakan upaya sarana bahwa tatap muka kita sudah siap di 626 sekolah. Kalau daring pun kami sudah siap.Tapi dimulainya tatap muka itu tetap menunggu kebijakan satgas kepala daerah masing-masing," ujar Dedi.

3. Tenaga pengajar bakal divaksin dulu

Tunggu Restu Kepala Daerah, 626 SMA di Jabar Siap Tatap MukaIlustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebelum menggelar tatap muka, Disdik juga menyiapkan tenaga pengajar yang siap mengajar di tengah pandemik. Disdik mengajukan sekitar 28 ribuan guru untuk disuntik vaksin.

Proses vaksinasi terhadap ribuan guru itu akan dibagi menjadi beberapa tahap mengikuti prioritas guru mana saja yang musti divaksin terlebih dahulu.

"Kalau yang mau divaksin bisa mencapai 28 ribu. Makanya kita buat nanti tahapan. Artinya tahapan tingkatan itu skala mana dulu yang mau tatap muka, kemudian usia," paparnya.

4. September lalu sudah ada yang sempat menggelar tatap muka

Tunggu Restu Kepala Daerah, 626 SMA di Jabar Siap Tatap MukaWapres RI Ma'ruf Amin didampingi Mendikbud Nadiem Makarim dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, meninjau persiapan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka di SMA Negeri 4 Kota Sukabumi (8/7/2020). (IDN Times/ Dok. Humas Jabar)

Sebelumya, sejumlah sekolah di Jawa Barat sempat menggelar pembelajaran tatap muka. Namun, proses itu kembali dihentikan mengikuti kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Sosial Masyarakat (PPKM) berskala mikro.

"Di masa PPKM ini belum ada lagi yang tatap muka. Sebelumnya di tahun kemarin di September ada beberapa daerah seperti Kuningan itu sudah. Tapi kita tetap mengevaluasi sudah berapa sekolah yang siap," tandasnya.

Baca Juga: 187 SMA di Jabar Berjalan Tanpa Kepala Sekolah hingga Akhir 2021

Baca Juga: Disdik Jabar Cari Calon Kepala Sekolah SMA/SMK untuk 2021

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya