Positif COVID-19 di Satu RW, Puluhan Warga di KBB Dievakuasi ke Hotel

Mereka dipisahkan dari keluarganya yang terpapar COVID-19

Bandung Barat, IDN Times - Puluhan warga Kampung Pangkalan, RW 10, Desa Sariwangi, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB) bakal dievakuasi ke sebuah hotel.

Mereka yang bakal dievakuasi merupakan warga yang belum terpapar COVID-19. Sebelumnya, ada 39 warga yang dinyatakan positif COVID-19 setelah mengikuti kegiatan ziarah ke Pamijahan, Tasikmalaya.

Sebelum dievakuasi, sebanyak warga harus menjalani rapid test antigen terlebih dahulu untuk memastikan kondisi mereka. Dari 30 warga yang mengikuti rapid test antigen, seluruhnya dinyatakan negatif.

1. Rapid test antigen dulu sebelum ke hotel

Positif COVID-19 di Satu RW, Puluhan Warga di KBB Dievakuasi ke HotelIlustrasi swab test. (IDN Times/Bagus F)

Tes rapid antigen yang dilakukan Puskesmas Ciwaruga itu menyasar 147 kontak erat klaster ziarah. Dari ratusan kontak erat itu, tersisa 29 orang kontak erat yang belum dites.

"Dari 30 yang harusnya menjalani rapid test antigen, hanya 29 orang kontak erat yang datang. Hasilnya semua negatif. Tapi kita tetap edukasi mereka untuk memperketat protokol kesehatan dan isolasi mandiri 10 hari kedepan," ungkap petugas Puskesmas Ciwaruga Venita Noor Ajiziah, saat ditemui di lokasi, Jumat (5/3/2021).

2. Total ada 48 yang positif dari klaster ziarah

Positif COVID-19 di Satu RW, Puluhan Warga di KBB Dievakuasi ke HotelSatu RW di Desa Sariwangi, Kecamatan Parongpong, KBB zona merah. (IDN Times/Bagus F)

Sampai hari ini, Puskesmas Ciwaruga melaporkan ada 48 orang positif COVID-19 dari klaster ziarah. Dari 48 yang positif, 4 orang sudah dinyatakan sembuh. Namun, Puskesmas masih menunggu hasil swab test beberapa warga yang belum keluar hasilnya.

"Ada penambahan 5 orang yang positif karena sebelumnya 39 orang. Sebanyak 4 orang sudah dinyatakan sembuh," jelasnya.

3. Warga yang positif tetap isolasi di rumah

Positif COVID-19 di Satu RW, Puluhan Warga di KBB Dievakuasi ke HotelSatu RW di Desa Sariwangi, Kecamatan Parongpong, KBB zona merah. (IDN Times/Bagus F)

Terpisah, Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna mengatakan, sebagai penanganan kasus satu RW positif COVID-19, Umbara meminta warga yang negatif dipisahkan dengan yang positif. Mereka akan dievakuasi di hotel Cheris di Parongpong, KBB.

"Jadi keluarga yang positif COVID-19 tetap melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing dengan tetap diawasi kesehatannya. Yang tidak terpapar akan dipindahkan sementaravke hotel Cheris," ujar Umbara.

4. Diisolasi di hotel selama 10 hari

Positif COVID-19 di Satu RW, Puluhan Warga di KBB Dievakuasi ke HotelSatu RW di Desa Sariwangi, Kecamatan Parongpong, KBB zona merah. (IDN Times/Bagus F)

Satgas COVID-19 KBB sudah menyewa sekitar 40 sampai 50 kamar yang bisa menampung sekitar 100 warga. Mereka akan dipisahkan sementara dengan keluarganya yang positif COVID-19 selama 10 hari.

"Jangan khawatir nanti semua kebutuhan logistik dijamin baik yang sedang isolasi di rumah ataupun yang diungsikan sementara ke hotel. Semoga warga bisa mengerti kondisi ini dan mau direlokasi sementara, sehingga ditargetkan dalam 10 hari semua warga yang isolasi sembuh," pungkasnya.

Baca Juga: 39 Orang Positif COVID-19 Usai Ziarah, RW di Bandung Barat Di-Lockdown

Baca Juga: Ridwan Kamil Beri Hadiah 10 Rumah dan 10 Motor untuk Pahlawan COVID-19

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya