Comscore Tracker

Meresahkan! 48 Preman Berseragam Ormas Digelandang ke Mapolres Cimahi

LSM Perkara berbuat onar di Bank Arthaprima Cimahi

Cimahi, IDN Times - Usai melakukan aksi premanisme di Bank Arthaprima, Jalan Amir Machmud, Kota Cimahi, Senin (9/12), 48 anggota Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Perkara digelandang jajaran Polres Cimahi.

Aksi premanisme itu dilatarbelakangi karena mobil milik salah satu anggota LSM Perkara disita oleh pihak bank. Tak terima mobilnya di sita, puluhan ormas itu datangi Bank Arthaprima.

Di lokasi, para anggota yang berniat mengambil kembali mobil yang disita, melancarkan tindak premanismenya. Mereka membakar ban, membakar meja, dan menabrak garasi bank dengan mobil yang mereka bawa.

1. Untuk mengambil mobil yang disita bank

Meresahkan! 48 Preman Berseragam Ormas Digelandang ke Mapolres CimahiKapolres Cimahi, AKP M Yoris Maulana amankan sejumlah barang bukti aksibpremanisme LSM Perkara. (IDN Times/Bagus F)

Kepala Polres Cimahi, AKBP M Yoris Maulana mengatakan, setelah menerima laporan, pihak kepolisian langsung melakukan pengamanan terhadap para pelaku aksi premanisme itu. Aksi premanisme yang dilakukan dinilai menimbulkan kericuhan dan kemacetan parah di jalan Amir Machmud.

"Awalnya ada informasi soal kemacetan, setelah kita cek ternyata ada LSM yang lagi aksi. Bukan demo, mereka ternyata berusaha mengambil mobil yang disita, tapi dengan cara paksa dan mengintimidasi," ungkap Yoris saat ditemui di Mapolres Cimahi, Senin (9/12).

2. Aksi premanisme rusak fasilitas bank dan mabuk-mabukan

Meresahkan! 48 Preman Berseragam Ormas Digelandang ke Mapolres CimahiPolres Cimahi amankan sejumlah senjata dan puluhan botol miras yang digunakan untuk aksi premanisme. (IDN Times/Bagus F)

Dari hasil pengamanannya, Polres Cimahi mendapatkan sejumlah botol bensin yang dipakai untuk aksi pembakaran dan sejumlah botol plastik yang digunakan untuk menampung minuman keras.

"Ada juga airsoft gun, borgol, senjata tajam gunting untuk mengancam pihak bank, dan 8 mobil yang mereka pakai, salah satunya mobil yang disita bank," sebut Yoris

"Mereka juga beraksi di bank itu dalam kondisi mabuk. Tapi saat saya tanya mau apa mereka ke sini, mereka semua enggak tahu," tambahnya.

3. Ormas diimbau tidak usah bergaya preman

Meresahkan! 48 Preman Berseragam Ormas Digelandang ke Mapolres CimahiPolres Cimahi amankan sejumlah senjata dan puluhan botol miras yang digunakan untuk aksi premanisme. (IDN Times/Bagus F)

Yoris menilai, aksi yang dilakukan ormas atau LSM Perkara yang menimbulkan keresahan di lingkungan masyarakat Cimahi tidak dibenarkan baik dalam pandangan hukum maupun moral.

Dia mengimbau kepada seluruh ormas di Cimahi maupun KBB agar tidak melakukan tindak premanisme.

"Ini sudah sangat meresahkan karena murni aksi premanisme. Saya ingatkan agar ormas dan LSM tidak bertindak anarkis dan bergaya preman," pungkasmya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini 

Topic:

  • Bagus F
  • Yogi Pasha

Just For You