Comscore Tracker

Daftar 5 Daerah di Jabar yang Disarankan Pembatasan Sosial Skala Besar

Emil usulkan PSBB untuk Bodebek menunggu keputusan Jakarta

Bandung, IDN Times - Lima daerah di Jawa Barat yang berbatasan dengan DKI Jakarta diprioritaskan untuk diajukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Lima daerah itu yakni Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Bogor, dan Kota Bogor (Bodebek).

1. Bodebek bercermin ke Jakarta

Daftar 5 Daerah di Jabar yang Disarankan Pembatasan Sosial Skala BesarIDN Times/Bagus F

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, dirinya bakal mengusulkan agar Kabupaten Kota dekat Jakarta disetujui Menteri Kesehatan Terawan untuk diberlakukan PSBB.

"Kami prioritaskan kota dan kabupaten yang ada di dekat Jakarta karena harus satu cermin (satu arahan). Kalau kata Pak Anies 'A', maka lima daerah itu mengikuti. Kalau hanya Jakarta yang melakukan sebuah upaya tiba-tiba Bodebeknya beda, tidak efektif juga," ungkap Emil saat konferensi pers di Gedung Pakuan Bandung, Jumat (3/4).

2. Menunggu keputusan Anies di Jakarta

Daftar 5 Daerah di Jabar yang Disarankan Pembatasan Sosial Skala BesarIDN Times/Bagus F

Emil menyebutkan, usulan itu akan diajukan menunggu DKI Jakarta untuk mengambil keputusan terlebih dahulu. Selanjutnya lima daerah di Jabar itu diajukan mengikuti DKI Jakarta.

Dari hasil analisisnya, lima daerah itu atau Bodebek diajukan untuk diberlakukan PSBB karena kasus dan kepadatan penduduk di wilayah itu hampir sama dengan DKI Jakarta.

"Saya menunggu dulu arah Jakarta, kira-kira begitu. Jadi urusan ini kami memberi prioritas Jakarta mengambil simpulan dulu. Setelah Jakarta mengambil simpulan, kami mengikuti khusus untuk Bodebek," paparnya.

3. Bodebek daerah terbanyak pasien positif COVID-19

Daftar 5 Daerah di Jabar yang Disarankan Pembatasan Sosial Skala BesarIDN Times/pikobar.jabarprov.go.id

Emil mengatakan, untuk wilayah lain di luar Bodebek, Pemprov Jabar masih menganalisis apakah perlu untuk PSBB atau tidak. Emil menyebutkan, lima daerah itu tercatat masih menjadi wilayah dengan pasien positif COVID-19 tertinggi dari pasien hasil tes swab.

"Positif COVID-19 di Jawa Barat hari ini 223 pasien. Mayoritas masih di Bodebek. Definisi positif ini yang sudah dilakukan tes swab atau PCR," kata Emil.

Topic:

  • Bagus F
  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya