Yana Mulyana Sayangkan Ada Pasien Meninggal Akibat Kelalaian RSHS

RS seharusnya menerapkan Standar Operasional Prosedur

Bandung, IDN Times - Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menyayangkan terjadinya kasus duggan kelalaian Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) dalam menangani pasien yang berakibat meninggal dunia. Rumah Sakit pada dasarnya harus menerapkan perlakuan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

Meski begitu, Yana mengatakan bahwa sampai saat ini ia belum mendapatkan kronologi yang jelas dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung.

"Yang pasti kami tentu sangat menyayangkan kejadian ini, tapi karena saya juga belum dapat laporan dari Kadinkes, dan lagipula RSHS itu domainnya pemerintah pusat," ujar Yana, Sabtu (21/5/2022).

1. Yana Mulyana akan mencari tahu terlebih dahulu kronologi lengkap kasus ini

Yana Mulyana Sayangkan Ada Pasien Meninggal Akibat Kelalaian RSHSWali Kota Bandung Yana Mulyana. IDN Times/Humas Bandung

Setiap rumah sakit dipastikan memiliki SOP penanganan pasien. Menurutnya, hal itu harus diterapkan oleh pengelola agar tidak terjadi peristiwa di luar dugaan seperti ini. Namun, Yana juga belum daapt berkomentar banyak karena belum mengetahui secara pasti awal kasus ini.

"Setiap rumah sakit harusnya memiliki SOP masing-masing untuk pelayanan pasien. Nah, tapi saya juga belum tahu apa sebabnya di kasus ini," ungkapnya.

2. Wali Kota Bandung akan koordinasi dengan Dinkes

Yana Mulyana Sayangkan Ada Pasien Meninggal Akibat Kelalaian RSHSIDN Times/Galih Persiana

Disinggung soal langkah Pemkot Bandung untuk turut menengahi persoalan ini, Yana bilang bahwa ia akan berkoordinasi dengan Dinkes Kota Bandung terlebih dahulu. Sebab, Yana harus mengetahui terlebih dahulu awal kasus ini sebelum memberi tanggapan.

"Kalau koordinasi dengan RSHS belum ya, nanti saya coba tanya dulu Kadinkes. Tapi yang pasti, kita ikut prihatin, ikut berbela sungkawa. Mudah-mudahan ini kejadian yang pertama dan terakhir," kata dia.

3. Dugaan kelalaian terjadi setelah video pasien viral

Yana Mulyana Sayangkan Ada Pasien Meninggal Akibat Kelalaian RSHSIDN Times/Debbie Sutrisno

Seperti diketahui, saat ini RSHS tengah mendapat sorotan dari masyarakat setelah sebuah video viral di media sosial. Dalam video tersebut seorang pasien yang tengah dirawat meninggal dunia, diduga karena suplai oksigen kepada yang bersangkutan lalai.

Suami pasien, Arif Susanto membenarkan video tersebut. Menurutnya, video itu diambil ketika dia meminta bantuan perawat mengganti tabung oksigen untuk istrinya yang sedang dirawat. Namun, petugas lambat dalam penanganan sehingga istrinya yang sakit kanker kulit akhirnya tidak tertolong.

Ditemui di rumahnya, Arif menyampaikan kekecewaanya pada petugas di RSHS saat istrinya dirawat. Sebab, dia sudah meminta pertolongan hingga tiga kali untuk ganti tabung oksigen tapi perawat mengabaikannya.

"Saya tidak mau gimana gitu, cuman minta (RSHS) datang ke sini. Lihat kondisi saya, anak saya, ibu saya. Minta maaf lah intinya mah ke sini (saya)," kata dia kepada IDN Times di rumahnya.

Menurutnya, permintaan agar RSHS datang ke rumahnya bukan berarti tidak minta pertanggungjawaban atas meninggal istrinya. Karena semua ini sudah takdir, tapi Arif hanya berharap pihak RSHS mengakui kesalahannya.

"Jadi tidak ada kepikiran jauh-juah. Hanya minta maaf ke saya, ibu, dan anak. Itu saja," kata dia.

4. RSHS bantah telah membuat kelalaian

Yana Mulyana Sayangkan Ada Pasien Meninggal Akibat Kelalaian RSHSIDN Times/Istimewa

Sedangkan, manajemen RSHS mengatakan bahwa semua perawatan kepada pasien dilakukan sesuai prosedur. Atas kejadian ini RSHS menyangkal jika terjadi keterlambatan penggantian tabung oksigen untuk pasien, seperti yang dinarasikan dalam video itu. 

"Sesuai dengan standar pelayanan yang ada di Rumah Sakit Hasan Sadikin ini. Dari pasien datang di IGD, kemudian kami memberikan pelayanan atau perawatan di rawat inap, sampai pasien meninggal pun, itu yang kami berikan sesuai standar, sesuai prosedur," ujar Plh Direktur Utama RSHS, Yana Akhmad, dalam keterangan resminya, Jumat (20/5/2022).

Yana menjelaskan, mengenai pasien dalam video itu jelas terlihat bahwa oksigen yang digunakan oleh pasien tidak habis. Hal itu terlihat pada masker pasien yang masih mengembang, angka kadar oksigen dalam tabung, dan adanya tabung cadangan di sekitar tabung yang digunakan. 

"Artinya masih berisi udara. Kalau dilihat dari tabungnya yang terlihat ada angka-angka yang menunjukkan berapa volume oksigen, di situ jadi tidak kosong," kata dia.

Baca Juga: Video Viral Pasien Meninggal karena Oksigen, Berharap RSHS Minta Maaf

Baca Juga: Kronologis Video Viral Pasien Wafat di RSHS karena Kekurangan Oksigen

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya