Warga Tasikmalaya Dicurigai Terjangkit Cacar Monyet

Pasien masih dicurigai, belum bisa dinyatakan suspek

Bandung, IDN Times - Seorang warga Kota Tasikmalaya diduga terjangkit penyakit monkeypox atau cacar monyet. Kabar ini disampaikan langsung oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tasikmalaya, Jumat (9/9/2022).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinkes Kota Tasikmalaya, Asep Hendra mengatakan, penanganan sudah dilakukan dengan melakukan isolasi terlebih dahulu.

"Kondisi terakhir saat ini diisolasi, karena dokter curiga pasien cacar monyet," ujar Asep dikutip dari ANTARA, Sabtu (10/9/2022).

1. Pengambilan sampel telah dilakukan

Warga Tasikmalaya Dicurigai Terjangkit Cacar MonyetIlustrasi Cara mencegah penyakit cacar monyet. (Istock/Dok. Maryna Andriichenko)

Asep menjelaskan, tim kesehatan di lapangan masih mengumpulkan data terhadap pasien tersebut untuk memastikan kondisi kesehatannya tentang dugaan terjangkit cacar monyet.

"Pengambilan sampel darah pasien untuk dilakukan uji laboratorium juga telah dilakukan. Adapun setelah itu, hasilnya akan disampaikan kepada publik," ungkapnya.

2. Belum bisa dipastikan suspek cacar monyet

Warga Tasikmalaya Dicurigai Terjangkit Cacar MonyetIDX Channel

Kemudian, Asep menegaskan, status pasien yang diisolasi itu masih dicurigai, belum pada suspek karena ada beberapa kriteria yang belum bisa diputuskan terjangkit cacar monyet.

"Kami kan harus ambil sampelnya dulu, lalu sampel itu diperiksa, dan hasilnya baru keluar beberapa hari kemudian," katanya.

3. Pasien mengalami gejala awal bintik-bintik

Warga Tasikmalaya Dicurigai Terjangkit Cacar Monyetilustrasi monkeypox atau cacar monyet (IDN Times/Aditya Pratama)

Petugas kesehatan, kata dia, akan menanyakan lebih lanjut terkait riwayat kesehatannya, termasuk memeriksa kondisi kulit yang terlihat ada bintik-bintik.

"Pasien itu sementara bergejala bintik-bintik, karena semua jenis cacar seperti itu, meski itu cacar air," katanya.

Baca Juga: Tekan Kasus ODHA, Dinkes Jabar Buat Skema "ABCDE"

Baca Juga: Dinkes Jabar Pastikan Cacar Warga Sumedang Bukan Monkeypox

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya