Comscore Tracker

RSHS Pastikan Bocah Bandung Barat Kena Peluru Nyasar Sudah Pulih

Penanganan di RSHS dilakukan seusai aturan kesehatan

Bandung, IDN Times - Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) memastikan kondisi Muhammad Abdul Aljabar alias MA (10 tahun), korban peluru nyasar di Kampung Babakan Cianjur, RT 06 RW 03, Desa Cihampelas, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat (KBB) sudah berangsur pulih.

Muhammad Kamaruzzaman, Direktur Perencanaan, Organisasi dan Umum RSHS Bandung mengatakan, pasien MA mulai ditangani oleh RSHS setelah dikirim dari RS Cililin. Petugas kemudian langsung memeriksa kondisi korban.

"Pasien tersebut (MA) langsung kita layani di IGD, dengan tindakan triase dan sebagainya, dan dilakukan pengeluaran proyektil peluru yang ada di area pinggang di punggung tengah," ujar Kamaruzzaman, Kamis (25/11/2021).

1. MA dinyatakan dalam kondisi semakin membaik

RSHS Pastikan Bocah Bandung Barat Kena Peluru Nyasar Sudah PulihIDN Times/Irfan Fathurohman

Setelah dikeluarkannya proyektil itu, Kamaruzzaman bilang bahwa kondisi korban tengah dalam keadaan baik. Saat ini, korban masih diberikan waktu untuk pemulihan dan diminta untuk melakukan istirahat.

"Pasien itu sudah semakin membaik, sudah bisa berkomunikasi, dan sudah dapat melakukan orientasi dengan baik, meski masih dipasang infus, mudah-mudahan pasien ini akan semakin pulih," kata dia.

2. Warga jadi traumatik setelah kejadian ini

RSHS Pastikan Bocah Bandung Barat Kena Peluru Nyasar Sudah PulihIlustrasi Penembakan (IDN Times/Mardya Shakti)

Saat ini Polisi masih melakukan pendalaman terhadap kasus peluru nyasar itu. Jenis peluru asal peluru maupun pelaku masih menjadi pertanyaan publik. Warga di sekitar lokasi kejadian merasa khawatir jika peluru nyasar terulang untuk kedua kali.

Ketua RW 03, Deden Datik (50) mengatakan, pihaknya ingin pelaku peluru nyasar segera ditemukan. Pasalnya, warga di RW tersebut merasa selalu dihantu-hantui kasus peluru nyasar terulang dan kembali memakan korban.

"Karena adanya kasus peluru nyasar warga takut untuk beraktivitas. Saya berharap pihak kepolisian bisa segera menuntaskan masalah ini," kata Deden, Rabu (24/11/2021).

3. Polisi masih mencari tahu asal dari peluru ini

RSHS Pastikan Bocah Bandung Barat Kena Peluru Nyasar Sudah PulihIDN Times/Irfan Fathurohman

Sementara itu Kapolsek Cililin menyebutkan, pihaknya sudah melakukan olah TKP untuk mulai mengungkap kasus tersebut. Dugaan sementara senjata yang memuntahkan peluru itu berasal dari tempat jauh. Pasalnya, warga dan para saksi tidak mendengar suara ledakan senjata.

"Hasil olah TKP, kami duga ini peluru nyasar. Kita sudah periksa 3 orang saksi yang ada di lokasi mereka memastikan tidak mendengar suara ledakan senjata," kata Kapolsek Cililin, AKP Deni Nurcahyadi.

Deni menyampaikan, kepolisian masih belum bisa mengungkap hasil penyelidikan. Deni belum bisa memastikan sejata dan peluru jenis apa yang menembus korban.

"Untuk pelurunya sendiri masih ada di rumah sakit. Kita belum bisa periksa karena korban pun masih diobservasi tim perawat," katanya.

Baca Juga: DPRD Jabar Kecam Semua Bentuk Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi

Baca Juga: Pelaku Peluru Nyasar di KBB Masih Misterius, Warga Merasa Dihantui

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya