Ridwan Kamil Prediksi Arus Balik 2022 Mulai Terjadi Sejak H+3 

Arus balik akan terjadi hingga akhir pekan ini

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil memprediksi arus balik mudik 2022 akan terjadi pada H+3. Petugas mudik diminta untuk mempersiapkan kembali pengamanan jelang arus balik ini.

"Perkiraan di H+3 dan H+4 sudah ada yang arus balik dan itu berlaku hingga akhir minggu ini. Kami siapkan pasukan seperti kesiagaan pada saat mudik dan tidak hanya di jalur-jalur tol tapi jauh jalur jalan arteri jalan sekunder," ujar Emil melalui keterangan resminya, Selasa (3/5/2022).

1. Petugas dari kepolisian akan langsung menyiapkan arus balik

Ridwan Kamil Prediksi Arus Balik 2022 Mulai Terjadi Sejak H+3 Ilustrasi mudik. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Emil mengatakan, petugas arus balik yang akan diterjunkan tidak berbeda jauh dengan saat mudik kemarin. Menurutnya, akan ada dari pihak kepolisian, Dinas Perhubungan, TNI dan beberapa instansi terkait lainnya.

"Kita siapkan anggota-anggota dari polsek yang bertugas secara umum itu. Petugasnya sama dengan saat mudik, itu termasuk di kabupaten dan kota masing-masing," katanya.

2. Petugas gabungan akan berjaga di tempat-tempat wisata

Ridwan Kamil Prediksi Arus Balik 2022 Mulai Terjadi Sejak H+3 Ridwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Selain arus balik, Emil bilang bahwa Pemprov Jabar saat ini akan memfokuskan penjagaan di beberapa titik jalur objek wisata. Liburan panjang ini akan membuat wisatawan datang ke Jabar untuk menikmati semua objek wisata.

"Fokus di dua kegiatan, yang pertama adalah memastikan tidak terjadi kemacetan yang terlalu parah di zona-zona wisata khususnya di daerah Cianjur, Bogor puncak, daerah Lembang, ke atas Subang, maupun ke arah selatan Ciwidey, dan lain sebagainya," ungkapnya.

3. Ridwan Kamil pastikan salat Id di 56 tempat ibadah berjalan aman

Ridwan Kamil Prediksi Arus Balik 2022 Mulai Terjadi Sejak H+3  ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Sebelumnya, Emil memastikan bahwa salat Idulfitri 1443 Hijriah atau Lebaran 2022 di 56 ribu tempat ibadah di Jabar dalam kondisi aman dan khidmat. Jemaah beribadah tanpa gangguan dari hal apapun.

"Laporan pelaksanaan Idulfitri berlangsung dengan lancar di 56 ribu tempat salat yang terdaftar baik di lapangan ataupun masjid di tempat yang siapkan," ujar Emil di Lapangan Gasibu, Senin (2/4/2022).

4. Masyarakat ikuti imbauan larangan konvoi dan takbir keliling

Ridwan Kamil Prediksi Arus Balik 2022 Mulai Terjadi Sejak H+3 Ilustrasi (pacitankab.go.id)

Sebelum perayaan salat Id 2022, Emil bilang bahwa masyarakat sudah dengan tertib menjalankan perintah agar tidak melakukan konvoi saat malam lebaran. Kondusivitas diseluruh wilayah Jabar juga terpantau aman.

"Sampai hari ini sesuai dengan arahan tidak ada dinamika yang terjadi dan latangan konvoi Alhamdulillah dipathui malam takbiran juga aman," katanya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Terharu Bisa Salat Id Berjamaah di Lapangan Gasibu

Baca Juga: Lebaran 2022, Ridwan Kamil Pastikan Objek Wisata Jabar Aman Dikunjungi

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya