Comscore Tracker

Rayakan Sumpah Pemuda ke-92, Dispora Bandung: Kita Bersihkan Masjid! 

Perayaan sumpah pemuda ini beda dengan sebelum-sebelumnya

Bandung, IDN Times - Perayaan sumpah pemuda ke-92 tahun 2020 di Kota Bandung akan dilakukan berbeda dari perayaan sebelumnya. Kali ini, Pemerintah Kota Bandung hanya akan menggelar kegiatan membersihkan masjid dan pembagian masker.

Kabid pembinaan pemuda Dinas pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung, Dadang Setiawan mengatakan, tempat ibadah yang rencananya akan dibersihkan ada sebanyak sembilan masjid dan dua pondok pesantren.

"Kami batasi hanya sembilan masjid, jadi ini sesuai tema, ini kan perayaan ke-92 jadi sembilan masjid dan dua pondok pesantren," ujar Dadang pada awak media di Balai Kota Bandung, Selasa (27/10/2020).

1. Ada sembilan masjid dan dua pondok pesantren yang akan dibersihkan pemuda Kota Bandung

Rayakan Sumpah Pemuda ke-92, Dispora Bandung: Kita Bersihkan Masjid! google

Ia menjelaskan, rencana ini masih belum dimatangkan secara maksimal karena sejumlah masjid besar di beberapa kecamatan Kota Bandung maaih belum mengkonfirmasi kesanggupannya. Adapun acara ini akan digelar pada Rabu (28/10/2020).

"Kemungkinan masjid di wilayah Kecamatan Regol, Kecamatan Ujungberung, Arcamanik, Cibiru dan yang lainnya masih menunggu jawaban," ungkapannya.

2. Masjid dipilih karena bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad

Rayakan Sumpah Pemuda ke-92, Dispora Bandung: Kita Bersihkan Masjid! google

Menurutnya, kegiatan ini selain bertujuan untuk memperingati sumpah pemuda juga untuk melakukan persiapan Maulid Nabi yang bertepatan pada Jumat (30/10/2020). Sehingga, untuk tempat ibadah akan difokuskan ke masjid.

Kemudian, untuk peserta yang akan mengikuti acara ini akan banyak melibatkan elemen kepemudaan dan Organisasi Kepemudaan (OKP).

"Kami harapkan kerja sama antar pemuda terjadi untuk memelihara kegiatan dan tidak diam saja tapi harus bergerak untuk mengatasi corona ini," ucapnya.

3. Masker juga akan dibagikan selama peringatan hari sumpah pemuda besok

Rayakan Sumpah Pemuda ke-92, Dispora Bandung: Kita Bersihkan Masjid! pexels.com/Dio Hasbi Saniskoro

Selain membersihkan masjid, Ia menuturkan, para pemuda Kota Bandung akan melakukan pembagian masker ke beberapa kecamatan di Kota Bandung. Pembagian masker ini dilakukan guna menyadarkan masyarakat bahwa kondisi pandemik belum berakhir.

"Awalnya kegiatan ini akan digelar se-meriah mungkin, namun datang pandemik akhirnya kami buat seeprti ini," katanya.

4. Selama pandemik anggaran Dispora Bandung kena pangkas

Rayakan Sumpah Pemuda ke-92, Dispora Bandung: Kita Bersihkan Masjid! Ilustrasi pandemik COVID-19 (IDN Times/Arief Rahmat)

Ia menambahkan, alasan lain mengapa kegiatan ini tidak digelar dengan maksimal yakni karena adanya pemotongan anggaran untuk penanganan corona. Sehingga, kegiatan ini diharapkan tetap menjaga semangat pemuda Kota Bandung.

"Anggaran kami awalnya sebanyak tiga miliar, sekarang jadi 200 juta saja. Kami berharap situasi ini cepat berakhir dan aktifitas kepemudaan kembali bergeliat," kata dia.

Baca Juga: Libur Panjang, Penumpang Dua Terminal Bandung Akan di Rapid Test

Baca Juga: Hadapi Libur Panjang, Pemkot Bandung Minta Warga Sakit Tak Berlibur

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya