Pertama Kerja Usai Berduka, Ridwan Kamil: Jadwal Sedih Sudah Lewat

Emil beri banyak pesan pada wisudawan SMAN 3 Bandung

Bandung, IDN Times - Gubernur Jabar Ridwan Kamil alias Emil kembali bekerja setelah sebelumnya mengajukan cuti untuk pemakaman anak sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril di Cimaung, Kabupaten Bandung, Senin (13/6/2022).

Di hari pertama kerja ini, Emil memanfaatkannya dengan mengunjungi wisuda anak keduanya Camillia Laetitia Azzahra atau yang akrab disapa Zara di SMAN 3 Bandung. Dia juga datang bersama istrinya Atalia Praratya.

1. Emil datang sekaligus menyaksikan wisuda putrinya

Pertama Kerja Usai Berduka, Ridwan Kamil: Jadwal Sedih Sudah LewatGubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times-Azzis Zulkhairil)

Pada momentum ini Emil menyampaikan beberapa pesan penting pada wisudawan, antara lain tentang tantangan ekonomi digital dan penyesuaian dengan perkembangan zaman.

"Ekonomi digital saat ini harus dikuasai, dulu handphone hanya alat komunikasi. Sekarang jadi alat produksi, bisa nyari kerjaan, baca koran, dan semua itu kini harus dikuasai," ujar Emil, Kamis (16/6/2022).

2. Emil beri pesan pada wisudawan SMAN 3 Bandung

Pertama Kerja Usai Berduka, Ridwan Kamil: Jadwal Sedih Sudah LewatRidwan Kamil. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Pada momentum itu, Emil juga meminta para wisudawan SMAN 3 Kota Bandung bisa bersaing dengan anak muda dari negara lain dengan menguasai beberapa indikator tertentu. Sedikitnya ada empat poin yang menurutnya bisa diterapkan wisudawan untuk bersaing di panggung internasional.

"Fisik harus sehat, kalau badan kuat jangan ada lagi stunting. Setelah itu IQ harus cerdas, itu baru seperempat, ketiga adalah ahlak, rajin minta maaf, dan berbagi. Terakhir spiritual, ini juga penting," ungkapnya.

3. Emil juga bernostalgia semasa di SMAN 3 Kota Bandung

Pertama Kerja Usai Berduka, Ridwan Kamil: Jadwal Sedih Sudah LewatRidwan Kamil

Selain memberi pesan pada wisudawan, Emil juga sedikit bernostalgia dengan menceritakan prestasinya yang pernah dilalui di SMAN 3 Bandung. Emil mengungkapkan bahwa dirinya sangat aktif dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler.

Menurutnya, hal itu juga diterapkan oleh almarhum Eril yang juga sebagai alumni SMAN 3 Kota Bandung.

"Saya alumni SMAN 3 masuk angkatan 88 lulus 90. Saya juga sama seperti Eril, saya pengurus OSIS, saya rajin ke DKM dan saya masuk tim sepak bola Belitung Muda," ucapnya.

4. Ridwan Kamil bikin puisi untuk dipajang di makan Eril

Pertama Kerja Usai Berduka, Ridwan Kamil: Jadwal Sedih Sudah LewatRidwan Kamil dan Eril. google

Di sisi lain, Emil mengatakan bahwa semua kenangan tentang Eril akan selalu diingat. Sejumlah perjalanan anaknya diharapkan menjadi pelajaran untuk para wisudawan di SMAN 3 Kota Bandung.

Emil menambahkan, dirinya juga sudah membuat tulisan puisi yang akan dipajang di kuburan keluarga di Cimaung, Kabupaten Bandung. Menurutnya, hal itu tak lebih untuk mengenang anak sulungnya itu.

"Jadwal sedih sudah lewat dan Ananda Eril bukan jadi milik kami lagi, tapi milik masyarakat," kata dia.

Baca Juga: Sehari Setelah Pemakaman Eril, Warga Masih Tulis Doa di Gedung Pakuan

Baca Juga: Tamu Pengajian dan Takziah Eril di Gedung Pakuan Capai 8.000 Orang

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya