Comscore Tracker

Peringati G30S/PKI, Aa Gym Ajak Masyarakat Kirim Doa

Doa serentak dilakukan di masjid dan kediaman masing-masing

Bandung, IDN Times - Pendakwah kondang asal Jawa Barat (Jabar) Abdullah Gymnastiar alias Aa Gym mengajak masyarakat untuk turut mengirimkan doa serentak untuk memperingati peristiwa G30S/PKI.

Ajakan ini disampaikan oleh Aa Gym melalui akun Instagram-nya @aagym. Ajakan itu juga dilakukannya berdasarkan surat imbauan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bandung.

1. Doa bersama untuk keselamatan bersama

Peringati G30S/PKI, Aa Gym Ajak Masyarakat Kirim Doaihram.co.id

Berdasarkan surat MUI Kota Bandung, Aa Gym mengatakan, malam ini Kamis, 30 September 2021, ba’da maghrib masyarakat diharapkan turut mengirimkan doa bersama pada para pahlawan yang berjasa untuk bangsa Indonesia.

"Juga kita memohon perlindungan Allah SWT agar selalu diberikan keselamatan, kesehatan, dan keberkahan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Semoga Allah SWT meridoi doa bersama kita untuk keselamatan bangsa," tulis Aa Gym, di caption unggahanya.

2. MUI Kota Bandung menyatakan bahwa doa dikirmkan bersamaan dengan hari jadi Kota Bandung

Peringati G30S/PKI, Aa Gym Ajak Masyarakat Kirim DoaIDN Times/Galih Persiana

Surat edaran MUI Kota Bandung itu ditandatangani langsung oleh Ketua MUI Kota Bandung, Miftah Faridl. Adapun isi dari dua lembar surat itu menyatakan bahwa doa bersama dikirmkan untuk memperingati Hari Jadi Kota Bandung yang ke 211, keselamatan bangsa atas wabah COVID-19, dan bahaya ateisme serta komunisme.

Miftah mengatakan, Dewan Pimpinan Majelis Ulama Kota Bandung menyerukan dan mengajak kaum muslimin muslimat untuk melaksanakan doa bersama secara serentak di masjid, rumah, dan tempatnya masing-masing.

"Doa serentak akan dilaksanakan pada hari Kamis, 30 September 2021 ba'da maghrib," ujar Miftah dikutip dari keterangan resmi.

3. MUI Kota Bandung minta masyarakat tetap waspada soal PKI

Peringati G30S/PKI, Aa Gym Ajak Masyarakat Kirim DoaSumber Gambar: indonesia-zaman-doeloe.blogspot.com

Sedangkan, dalam surat lainnya dituliskan bahwa Gerakan 30 September 1965 merupakan sejarah kelam bangsa Indonesia. Namun, bangsa Indonesia dapat melewati cobaan itu sehingga persatuan dan keamanan masih utuh. Dalam surat itu lalu dituliskan bahwa pewaris bangsa harus waspada jikalau peristiwa serupa terjadi lagi di kemudian hari.

"Sebagai pewaris bangsa yang tetap berdaulat, merdeka, rukun, dan kondusif, kita wajib bersyukur sekaligus waspada akan kemungkinan-kemungkinan yang sewaktu-waktu bakal terjadi," katanya.

4. Ada lima anjuran MUI Kota Bandung

Peringati G30S/PKI, Aa Gym Ajak Masyarakat Kirim DoaANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Dalam surat edaran itu juga tertulis lima poin imbauan agar warga Kota Bandung memperingati tanggal 30 September dengan kegiatan keagamaan. Berikut imbauannya:

1. Melakukan sujud syukur di tiap-tiap masjid atau di tempat tempat lainnya, atas anugerah Allah SWT yang telah memberikan nikmat keselamatan dari gangguan yang telah merusaha merongrong koutuhan bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia;

2. Seluruh warga Kota Bandung agar memanjatkan rara syukur ke hadirat Alah SWT dengan membaca Al-Quran, baik sendiri-sendiri maupun bersama-sama, di rumah-rumah, di masjid-masjid, atau di tempat-tempat lain yang memungkinkan;

3. Bacaan Al-Quran dilakukan untuk mengiringi do'a yang secara khusus disampaikan untuk para pahlawan yang menjadi korban keganasan komunisme dalam rangkaian G30S/PKI;

4. Memohon perlindungan Allah SWT agar tetap terhindar dari kemungkinan bangkitnya kembali paham-paham atheisme, komunisme di pangkuan Negara Kesatuan Repubik Indonesia;

5. Di tengah musibah wabah Pandemi COVID-19 yang hingga saat ini masih menghimpit bangsa Indonesia, khususnya warga Kota Bandung, kita pun memohon perlindungan kepada Allah SWT agar bangsa dan Negara Republik Indonesia diselamatkan dari wabah yang sampai saat Ini belum bise diprediksi kapan akan berakhir, dengan harapan semoga Allah SWT tetap memberikan keselamatan, kesehatan bagi para pemimpin ummat dan warga Kota Bandung;

Baca Juga: 10 Potret Kompak Teh Ninih dengan Buah Hati dari Aa Gym

Baca Juga: 9 Momen Kedekatan Ghaida Tsurayya dan Aa Gym, Sulung Kesayangan

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya