Perdana! Calon Haji Embarkasi Indramayu Diterbangkan Lewat BIJB

Penerbangan perdana BIJB ini sejarah untuk Pemprov Jabar

Bandung, IDN Times - Calon jamaah haji Embarkasi Indramayu berangkat ke Tanah Suci Makkah lewat Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Minggu (28/5/2023). Penerbangan ini perdana dilakukan sepanjang BIJB diresmikan.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jawa Barat, Dedi Supandi mengatakan, pemberangkat ini merupakan kloter pertama. Adapun para calon jemaah haji ini datang ke Asrama Haji Indramayu Embarkasi Kertajati, sejak Sabtu (27/5/2023). Dia juga berpesan agar jemaah mendoakan Jabar.

"Doakan tanah kelahiran, doakan Jawa Barat dan indonesia. Karena bagaimanapun ibadah haji ini istimewa, karena di sana doa kita mustajab. Sehingga negara kita terus diberikan kemajuan dan siap siap menjadi negara yang lebih maju," ujar Dedi, Senin (29/5/2023).

1. Pemprov Jabar imbau jemaah haji jaga niat

Perdana! Calon Haji Embarkasi Indramayu Diterbangkan Lewat BIJB(Istimewa)

Kloter pertama ini ada sebanyak 366 jamaah haji asal Majalengka serta delapan petugas haji. Dedi juga turut berbangga karena kloter pertama ini merupakan warga Majalengka. Selain itu, ia berpesan agar calon jemaah haji bisa teguh diniatkan untuk beribadah.

"Bapak dan Ibu adalah para tamu Allah terpilih yang akan segera melaksanakan ibadah haji di tanah suci, maka hal pertama yang menjadi keteguhan adalah dengan menjaga niat karena Allah SWT," ucapnya.

2. Persiapan haji dilakukan dengan matang

Perdana! Calon Haji Embarkasi Indramayu Diterbangkan Lewat BIJB(Istimewa)

Kemudian, Dedi mengungkapkan, untuk pelaksanaan haji tahun ini, pemerintah juga telah memastikan berbagai kesiapan selama musim haji. Termasuk kesiapan makanan bagi para jamaah haji baik di dalam maupun saat di tanah suci.

"Kami sudah memastikan bahwa semua persiapan sudah matang. Termasuk saya juga sudah mengecek menu makanan, Insya Allah tidak akan ada informasi seperti di berita-berita bahwa jamaah haji kita kelaparan," katanya.

3. Embarkasi Indramayu berpotensi tampung jemaah lain di luar Ciayumajakunung

Perdana! Calon Haji Embarkasi Indramayu Diterbangkan Lewat BIJB(Istimewa)

Pemberangkatan melalui Embarkasi Kertajati sendiri saat ini masih dikhususkan untuk calon jemaah haji asal Kabupaten Subang, Kuningan, kabupaten/kota Cirebon, Majalengka, Sumedang, termasuk Indramayu. Adapun totalnya ada 24 kloter dengan jumlah 8000 jamaah calon haji.

"Juni tahun ini juga, Tol Cisumdawu Insya Allah sudah bisa dilalui seluruhnya. Kalau infrastruktur sudah beres, tahun depan tidak menutup kemungkinan Kabupaten Pangandaran, Banjar, Ciamis, Garut, Tasikmalaya bisa masuk melalui Embarkasi Kertajati," katanya.

Baca Juga: MUI Jabar Imbau Calon Jemaah Haji Tak Bawa Jimat ke Makkah

Baca Juga: Kuota Haji Jabar 2023 Diputuskan untuk 38 Ribu Jemaah

Topik:

  • Galih Persiana
  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya