MUI Dukung Perlawanan Ridwan Kamil Atas Gugatan Panji Gumilang

Gugat Panji Gumilang pada gubernur hanya sebuah strategi

Bandung, IDN Times - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat mendukung sikap Gubernur Ridwan Kamil terhadap gugatan pimpinan pondok pesantren (Ponpes) Al-Zaytun, Panji Gumilang karena membentuk tim investigasi.

Ketua MUI Jawa Barat, Rahmat Syafei mengatakan, gugatan yang dilayangkan Panji Gumilang merupakan hal yang wajar. Dia menilai, langkah ini merupakan strategi Panji Gumilang terhadap kasus yang saat ini berjalan.

"MUI melihat gugatan ini, Pak Panji Gumilang ini membuat strategi. Kita jangan terkecoh serangan. Ini strategi lempar sana, lempar sini akhirnya kan dia lihat waktu (gugat) ke Pak Mahfud MD besoknya cabut," ujar Rahmat, Selasa (25/7/2023).

1. MUI Jabar minta Ridwan Kamil jangan terkecoh

MUI Dukung Perlawanan Ridwan Kamil Atas Gugatan Panji GumilangPANJI. Pemimpin NII KW 9 Panji Gumilang. (Screenshot dari YouTube)

Rahmat mengatakan, gugat menggugat oleh Panji Gumilang sudah dilakukan pada beberapa pihak usai Al-Zaytun berpolemik. Bisa jadi, nantinya, gugatan dilayangkan kembali pada MUI Jabar. Sehingga, langkah yang dilakukan Panji Gumilang ini adalah sebuah strategi.

"Ini strategi Panji Gumilang gugat sana sini, mungkin besok ganti lagi atau (ke) MUI, terserah bagi saya biasa saja, jadi jangan terkecoh," katanya.

2. Gubernur sudah benar membuat tim investigasi

MUI Dukung Perlawanan Ridwan Kamil Atas Gugatan Panji GumilangPimpinan Ponpes Al Zaytung Panji Gumilang saat hadir undangan Pemprov Jabar. (Debbie Sutrisno/IDN Times)

Lebih lanjut, Rahmat turut mengapresiasi langkah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang sudah menyatakan diri siap menghadapi gugatan tersebut. Menurutnya, dalam hal ini gubernur tidak salah dan memiliki kewenangan untuk menjaga ketertiban umum.

"MUI apresiasi langkah Pak Gubernur. Pak Ridwan Kamil nggak salah, (salah) itu kan menurut dia (Panji Gumilang)," kata dia.

3. Ridwan Kamil lawan gugatan Panji Gumilang

MUI Dukung Perlawanan Ridwan Kamil Atas Gugatan Panji GumilangRidwan Kamil. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Sebelumnya, Ridwan Kamil menanggapi gugat Panji Gumilang melalui akun instagram pribadinya. Dia mengatakan, gugatan yang dilayangkan ke pimpinan Ponoes Al-Zaytun ini merupakan hal yang wajar. Dia juga tidak mempermasalahkan gugatan tersebut.

"Silakan saja (digugat), karena ini adalah negeri hukum. Justru baik agar permasalahan bisa terang benderang. Ini hanya urusan peradilan duniawi," ujarnya.

Sebagai orang yang dipilih masyarakat sebagai Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memiliki tugas untuk menjaga keamanan dan ketertiban umum di 27 kabupaten dan kota. Sehingga, persoalan polemik Al-Zaytun turut menjadi tanggungjawab gubernur.

"Sebagai pemimpin Jawa Barat, saya sudah bersumpah untuk menjaga Jawa Barat dan NKRI serta berkewajiban membela umat dan syariat dari hal-hal yang membahayakan dan meresahkan," kata dia.

Baca Juga: Digugat Panji Gumilang, Ridwan Kamil: Saya Bersumpah Jaga Jabar dan NKRI

Baca Juga: Panji Gumilang Gugat Ridwan Kamil Terkait Tim Investigasi

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya