Comscore Tracker

Mudik Lebaran 2021 Dilarang, Pengunjung Pasar Baru Capai 10.000 Orang

Peningkatan drastis terjadi saat hari libur pekan kemarin

Bandung, IDN Times - Jelang Hari Raya Idulfitri 2021, ribuan masyarakat menyerbu sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Bandung. Salah satunya adalah Pasar Baru yang berada di Jalan Otista.

Pada Minggu(3/5/2021), ribuan masyarakat berbelanja di pusat perbelanjaan tersebut. Terpantau kepadatan warga dan pedagang yang memanfaatkan momen jelang Lebaran 2021. Mendekati lebaran, tingkat kunjungan masyarakat terus bertambah.

Ketua Himpunan Pedagang Pasar Baru (HP2B), Iwan Suhermawan mengatakan, larangan mudik yang dikeluarkan pemerintah berdampak terhadap kunjungan masyarakat yang ingin berbelanja untuk kebutuhan lebaran.

"Alhamdulillah, ramai tingkat kunjungan di luar perkiraan yang biasa tingkat kunjungan 1.000 sampai 3.000 di akhir pekan. Sekarang mencapai 10.000 ribu sampai lebih," ujar Iwan Suhermawan, Senin (3/5/2021).

1. Pedagang pakaian muslim paling banyak dicari

Mudik Lebaran 2021 Dilarang, Pengunjung Pasar Baru Capai 10.000 OrangPasar Baru Bandung (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Meski ramai oleh kunjungan, Iwan menuturkan, tidak semua toko pedagang dibanjiri oleh pengunjung. Menurut dia, hanya ada beberapa toko ramai, seperti toko baju muslim dan anak, dan toko pedagang kain. 

Berdasarkan pantauan IDN Times, toko pedagang baju muslim dan muslimah memang banyak dipadati pembeli. Bahkan, banyak pedagang kualahan meladeni pembeli. 

"Kalau untuk penjual seragam sekolah dan  perlengkapan haji relatif masih sepi dikunjungi pembeli," ungkapnya.

2. Sembako masih belum banyak pembeli

Mudik Lebaran 2021 Dilarang, Pengunjung Pasar Baru Capai 10.000 OrangPasar Baru Bandung (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sejumlah pedagang yang sebelumnya mogok, pada beberapa hari kemarin sudah mulai membuka tokonya karena melihat ada peluang banyak pembeli. Iwan menerangkan, toko pakaian muslim masih menjadi primadona dan banyak dicari masyarakat. 

"Untuk sembako, untuk sayuran, daging belum (ramai) biasa dua hari sebelum lebaran," ucapnya. 

3. Pedagang pasar banyak mendapatkan untung

Mudik Lebaran 2021 Dilarang, Pengunjung Pasar Baru Capai 10.000 OrangPasar Baru Bandung (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Kemudian, Iwan menambahkan, kebijakan relaksasi bagi Pasar Baru Bandung turut meningkatkan roda perekonomian pedagang. Adapun pembeli yang banyak datang diketahui masih sekitar Bandung Raya.

"Kalau tidak ada penyekatan, bisa ramai lebih dari sekarang karena Pasar Baru bukan pasar tingkat Jabar tetapi internasional," katanya.

4. Oded anggap kerumunan hal wajar jelang Lebaran

Mudik Lebaran 2021 Dilarang, Pengunjung Pasar Baru Capai 10.000 OrangPasar Baru Bandung (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sebelumnya, Wali Kota Bandung Oded M. Danial menganggap bahwa peristiwa kerumunan pembeli di Pasar Baru merupakan hal wajar. Menurutnya, masyarakat banyak berbelanja menjelang hari raya Idul Fitri. Adapun sampai saat ini mudik 2021 juga sudah dilarang.

Meski menganggap kerumunan Pasar Baru wajar, Oded tetap meminta masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan tanpa mengabaikannya. Saat ini, kasus pandemik COVID-19 masih terjadi di Kota Bandung.

"Yang namanya mau lebaran, tetapi tetap Mand Oded selalu ingatkan kepada teman-teman di lapangan supaya mereka harus mengupayakan memperkecil kerumunan itu," katanya.

Baca Juga: Oded M Danial: Jangan Dulu Mudik, Jangan Sampai Bandung Seperti India

Baca Juga: Kerumunan di Pasar Baru, Wali Kota Bandung: Wajar Jelang Lebaran  

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya