Comscore Tracker

Lolos Tes Pentukhir, 17 Praja Muda IPDN Dinyatakan Positif COVID-19

Ada 29 orang masih menjalani isolasi mandiri

Bandung, IDN Times - Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) baru saja menerima 1.099 peserta yang lolos Tes Pantukhir. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.070 peserta telah mengikuti tes virus corona (COVID-19). Hasilnya, 17 orang di antaranya dinyatakan positif COVID-19 dan 20 orang masih menjalani isolasi mandiri.

Rektor IPDN, Dr. Hadi Prabowo mengatakan, saat ini praja muda yang dinyatakan positif sedang melakukan isolasi di PPSDM Regional Bandung dengan penanganan intensif oleh dokter yang berkompeten.

"Ditangani oleh dokter klinik IPDN dan dokter dari Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung," ujar Hadi melalui keterangan resminya, Kamis (9/10/2020).

1. Praja muda ini akan menjalani beberapa tahap lanjutan di kampus IPDN

Lolos Tes Pentukhir, 17 Praja Muda IPDN Dinyatakan Positif COVID-19Instagram.com/ipdn.id

Ia menuturkan, seluruh calon muda praja IPDN Angkatan XXXI akan melaksanakan kegiatan “Pekan Pengenalan kampus dan Budaya Akademik (PPKBA) dan Pendidikan Dasar Mental dan Disiplin Praja (Diksarmendispra)”. Adapun dua agenda ini dilakukan secara terpisah.

"Kegiatan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 yang sangat ketat. PPKBA merupakan kegiatan pemberian pembekalan bagi seluruh calon muda praja dengan narasumber dari pihak internal IPDN," tuturnya.

2. Praja muda akan dilantik oleh Mendagri langsung

Lolos Tes Pentukhir, 17 Praja Muda IPDN Dinyatakan Positif COVID-19Instagram.co.id/ipdn.id

Hadi menyebut, untuk kegiatan Diksarmendispra, IPDN menggelar kegiatan itu dengan bekerja sama Polda Jabar. Sehingga untuk teknis pemberian materi berbeda dan dipastikan tetap jalankan protokol kesehatan.

"Setelah selesai melaksanakan PPKBA dan Diksarmendispra, seluruh calon muda praja akan dilantik oleh Menteri Dalam Negeri," jelasnya.

3. Kondisi asrama dan lingkungan IPDN sudah disterilisasi

Lolos Tes Pentukhir, 17 Praja Muda IPDN Dinyatakan Positif COVID-19(Ilustrasi) Instagram.com/ipdn.id

Ia mengimbau pada seluruh keluarga calon muda praja baik yang teridentifikasi COVID-19 maupun tidak untuk tetap tenang, karena mereka yang dinyatakan positif sudah langsung dibawa ke PPSDM Regional Bandung untuk melakukan isolasi.

"Untuk wisma tempat calon muda praja tinggal pun sudah langsung disterilisasi dengan melakukan penyemprotan disinfektan," katanya.

4. Seluruh praja muda IPDN dipastikan kesehatannya

Lolos Tes Pentukhir, 17 Praja Muda IPDN Dinyatakan Positif COVID-19IDN Times/Galih Persiana

Lebih lanjut, selain sterilisasi yang sudah dilakukan oleh IPDN, para orangtua praja juga tidak perlu khawatir karena pantauan pada praja terus dilakukan oleh dokter IPDN. Kebersihan lingkungan juga terus diterapkan dan menjadi prioritas dalam operasional kegiatan internal IPDN.

"Tim dokter dari Poliklinik IPDN juga melakukan pemantau secara intens kepada seluruh calon muda praja yang sekarang sudah ada di Kampus IPDN. Mulai dari kebersihan, pemberian vitamin, makanan yang sehat dan lain sebagainya," kata dia.

Baca Juga: Lantik Lulusan IPDN, Jokowi Ingin Nuansa Berbeda, Apa Maksudnya?

Baca Juga: Pamong Praja Lulusan IPDN, Pak Jokowi Punya Pesan Nih Buat Kalian 

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya